Drakor 'Nevertheless' Tampilkan Miyeok-guk, Ini 4 Faktanya!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 14:30 WIB
Fakta Miyeok-guk yang Muncul di Drakor Nevertheless Foto: dok. Nevertheless
Jakarta -

Drama Korea 'Nevertheless' menampilkan aneka makanan Korea yang enak. Salah satunya miyeok-guk atau sup rumput laut yang saat itu disantap oleh Han So Hee.

Sudah menjadi rahasia umum kalau dalam drama Korea selalu menampilkan makanan khas Korea yang populer dan lezat. Bisa aneka camilan hingga hidangan utama. Tak terkecuali drama Nevertheless yang turut mengenalkan makanan Korea kepada publik.

Salah satu makanan yang mereka kenalkan adalah miyeok-guk atau sup rumput laut. Sup ini muncul pada drama 'Nevertheless' episode 4. Saat itu, Do Hyeok yang diperankan oleh Chae Jong Hyeop menyajikan semangkuk sup rumput laut untuk Yoo Na Bi yang diperankan oleh Han So Hee.

Berikut fakta dari miyeok-guk atau sup rumput laut khas Korea, dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Apa Benar Kuah Mie Instan Mengandung Lilin? Percobaan Ini Beri Bukti

1. Apa Itu Miyeok-guk?

Fakta Miyeok-guk yang Muncul di Drakor NeverthelessFakta Miyeok-guk yang Muncul di Drakor Nevertheless Foto: iStock

Miyeok-guk adalah sup rumput laut khas Korea. Sup ini biasanya disajikan dengan irisan tipis daging sapi atau seafood seperti kerang dan abalone.

Sup ini rasanya gurih karena dibumbui dengan kecap asin, bawang putih cincang, dan minyak wijen. Untuk kuahnya menggunakan kaldu ikan teri atau daging sapi.

2. Terbuat dari Wakame

Fakta Miyeok-guk yang Muncul di Drakor NeverthelessFakta Miyeok-guk yang Muncul di Drakor Nevertheless Foto: iStock

Rumput laut ada beragam jenisnya. Untuk miyeok-guk menggunakan rumput laut yang lebar atau wakame. Rumput laut ini sangat populer di Jepang dan Korea Selatan. Biasanya orang Korea mengguakan rumput laut wakame yang kering. Wakame kering ini tinggal dimasukkan ke dalam kuah hingga teksturnya berubah lembut.

Sup rumput laut ini menyehatkan karena wakame memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Dilansir dari Health Line (10/10), wakame mengadung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Wakame juga cocok dikonsumsi untuk diet karena kandungan kalorinya rendah.

Tak heran kalau wakame memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Seperti menurunkan kadar kolesterol jahat, menstabilkan tekanan darah, menurunkan berat badan, hingga menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon', Royal Berbagi tapi Tak Mau Dicap Sultan

3. Jadi Lauk Pendamping

Fakta Miyeok-guk yang Muncul di Drakor NeverthelessFakta Miyeok-guk yang Muncul di Drakor Nevertheless Foto: iStock

Satu set nasi di Korea biasnaya disajikan dengan hidangan daging atau ikan. Selain itu ada beragam banchan yang lezat dengan porsi kecil. Kimchi juga turut dihidangkan untuk menikmati nasi dan lauknya.

Tak hanya itu saja, miyeok-guk juga sering disajikan sebagai lauk pendamping. Sup yang gurih ini sangat pas dinikmati dengan nasi khas Korea yang pulen dan lengket.

4. Disajikan Saat Ulang Tahun

Fakta Miyeok-guk yang Muncul di Drakor NeverthelessFakta Miyeok-guk yang Muncul di Drakor Nevertheless Foto: dok. Nevertheless

Selain kue, orang Korea biasanya menyajikan miyeok-guk saat ulang tahun. Ini adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu. Hidangan ini disajikan sebagai bukti rasa sayang kepada ibu yang telah mengandung selama 9 bulan.

Sup rumput laut ini juga selalu dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mendapatkan manfaat dari wakame. Seperti yang dilakukan oleh Yoo Na Bi pada drama Korea 'Nevertheless', ia disajikan miyeok-guk oleh Do Hyeok di hari ulang tahunnya. Na Bi pun terlihat bahagia ketika menikmati semangkuk miyeok-guk itu.

Baca Juga: Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon' Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak Kecil



Simak Video "Bikin Laper: Ikan Bawal Sambal Dabu-dabu dalam Lumpang Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com