Apa Benar Kuah Mie Instan Mengandung Lilin? Percobaan Ini Beri Bukti

Devi Setya - detikFood Minggu, 01 Agu 2021 16:30 WIB
Apa Benar Kuah Mie Instan Mengandung Lilin? Percobaan Ini Beri Bukti Foto: youtube VS Experiment
Jakarta -

Banyak orang beranggapan kuah rebusan mie instan tidak sehat karena mengandung lilin. Anggapan ini coba dibuktikan dengan menggunakan mikroskop. Seperti apa hasilnya?

Pemilik channel youtube VS Experiment kali ini mencoba melihat kandungan lilin dalam kuah rebusan mie instan. Saat ini santer terdengar kabar kalau kuah rebusan mie instan mengandung lilin sehingga tak aman dikonsumsi.

Tidak jelas dari mana isu ini berhembus tetapi sayangnya banyak orang percaya dan menghindari konsumsi kuah rebusan mie instan ini. Mengandalkan sebuah mikroskop canggih, pemilik channel ini melihat kandungan dalam kuah mie instan dengan melakukan pembesaran objek hingga 1000 kali.

Apa Benar Kuah Mie Instan Mengandung Lilin? Percobaan Ini Beri BuktiApa Benar Kuah Mie Instan Mengandung Lilin? Percobaan Ini Beri Bukti Foto: youtube VS Experiment

Video yang diunggah pada 17 Juli 2021 ini mencoba membandingkan dua sampel kuah rebusan mie instan dari dua merek mie berbeda yakni Indomie dan Mie Sedap. Keduanya merupakan varian mie instan goreng.

Dua mie ini direbus secara terpisah, kuah yang akan dijadikan sampel ini didiamkan lebih dulu selama kurang lebih 10 menit agar suhunya tidak panas. Setelah itu, barulah mulai dilihat isi kandungan kuah mie instan lewat alat pembesar objek.

Ketika dilihat lewat mikroskop, kuah Mie Sedap mengandung buih yang cukup banyak. Buih ini tersebar hampir di seluruh bagian kuah. Sementara kuah Indomie memiliki buih yang jauh lebih sedikit.

Tak ada pergerakan signifikan dari dua sampel kuah mie instan ini. Ketika dilakukan zoom hingga 1000 kali barulah tampak ada molekul kecil yang terlihat bergerak dan berpindah-pindah. Ini bukanlah zat lilin ataupun bakteri.

"Ini semua bukan lilin seperti banyak kabar hoax, bukan juga bakteri atau kuman. Pergerakan partikel ini namanya Brownian Motion dalam fisika, penelitiannya dalam pembuktian keberadaan atom dan molekul," jelas pemilik channel ini.

Apa Benar Kuah Mie Instan Mengandung Lilin? Percobaan Ini Beri BuktiApa Benar Kuah Mie Instan Mengandung Lilin? Percobaan Ini Beri Bukti Foto: youtube VS Experiment

Dalam percobaan ini juga ditemukan partikel lemak dari tepung terigu yang masuk dalam kategori lemak nabati. Dalam kesimpulannya, air rebusan mie instan aman dikonsumsi karena tidak mengandung lilin sama sekali.

Tentu saja air rebusan mie instan aman dikonsumsi karena ini adalah lemak nabati yang baik bagi tubuh dan bukan LILIN ya," pungkas sang pemilik channel.



Simak Video "Melihat Surga Mie Instan di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com