Begini Tampilan Air Zam-Zam dan Kurma Saat Dilihat Pakai Mikroskop

Devi Setya - detikFood Sabtu, 16 Mei 2020 05:00 WIB
mikroskop air zam-zam dan kurma Foto: youtube
Jakarta -

Mikroskop biasa digunakan untuk melihat benda atau makhluk hidup berukuran sangat kecil. Seorang Youtuber mencoba melihat kehidupan dalam air zam-zam dan kurma.

Youtuber dengan nama channel VS Experiment ini memang kerap membuat konten video yang memperlihatkan kehidupan sel dalam berbagai makanan dan benda. Kali ini ia mencoba melihat lebih dekat dan membandingkan kehidupan di dalam air zam-zam dan air got. Serta melihat tekstur kurma.

Pertama ia menyiapkan tiga sampel yakni air zam-zam, air got dan kurma. Untuk air zam-zam dan kurma, ia beli dari toko perlengkapan haji. Dua makanan ikon Arab Saudi ini kabarnya didatangkan langsung dari Arab.

mikroskop air zam-zam dan kurmamikroskop air zam-zam dan kurma Foto: youtube


Baca juga : Apakah Air Zamzam Akan Jadi Tren Minuman Sehat 2019?


Pertama yang coba dilihat adalah kehidupan dalam air zam-zam. Ia beberapa kali mencoba mengatur ukuran mikroskop agar bisa melihat sel terkecil. Namun ternyata tidak ada kehidupan dalam air zam-zam ini alias sangat bersih dan murni.

Selama lebih dari satu jam ia memperhatikan air zam-zam yang sudah diperbesar menggunakan lensa mikroskop namun tetap saja tidak ada pergerakan sel atau makhluk hidup dalam air ini.

Selanjutnya yang dilihat adalah air got. Jauh berbeda dengan air zam-zam yang super bersih, air got ini justru mengandung banyak bakteri dan kotoran. Sel-sel berukuran super kecil bisa dilihat dangan jelas, jumlahnya jutaan.

mikroskop air zam-zam dan kurmamikroskop air zam-zam dan kurma Foto: youtube


Selanjutnya, ia mencoba menambahkan air zamzam pada sampel air got. Ternyata hasilnya menakjubkan. Ribuan bahkan jutaan sel dan bakteri dalam air got secara perlahan mati karena terkena air zam-zam. Jika diperhatikan, lama kelamaan air got ini menjadi bersih dan bebas kuman.

Terakhir, ada kurma asli Arab yang coba dilihat teksturnya lewat mikroskop. Buah kurma ini ternyata tak kalah menakjubkan, bagian daging kurma tampak seperti kristal berwarna cokelat karamel. Bagian daging kurma punya tekstur yang unik dan tampilannya cantik.

mikroskop air zam-zam dan kurmamikroskop air zam-zam dan kurma Foto: youtube


Baca juga : Ini Manfaat Rutin Konsumsi 3 Kurma Tiap Hari Selama Seminggu


Lewat channel ini banyak netizen bisa melihat detail dari air zam-zam dan kurma. Alhasil, pemilik youtube ini banjir pujian.

"MasyaAllah air zam-zam segitu murninya. Jadi pengen minum air ini setiap hari," kata netizen.

"Kontennya bagus, sangat mengedukasi. Lanjutkan. Saya baru tahu kalau air zam-zam begitu murninya. Dan kurma ternyata bagus teksturnya," sahut netizen lainnya.



Simak Video "Slurp! Segarnya Berbuka dengan Es Kurma"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)