Diperbesar 1000 Kali, Telur Infertil Penuh Bakteri dan Tak Layak Konsumsi

Devi Setya - detikFood Sabtu, 11 Jul 2020 13:00 WIB
telur infertil mikroskop Foto: youtube Lab Experiment
Jakarta -

Telur infertil tak disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung jutaan bakteri. Bakteri dalam telur ini bisa dilihat melalui mikroskop.

Telur infertil dikenal juga sebagai telur buangan yang artinya tak layak konsumsi. Telur ini merupakan hasil pembuahan yang gagal berkembang, embrio ayam kemudian lambat laun membusuk. Sebelum membusuk, banyak oknum yang menjual telur infertil dengan harga murah.

Seorang youtuber yang biasa menggunakan mikroskop sebagai bahan membuat konten, kini mencoba melihat bakteri dalam telur infertil. Lewat channel youtube Lab Experiment, youtuber ini menunjukkan telur infertil yang diperbesar hingga 1000 kali.

telur infertil mikroskoptelur infertil mikroskop Foto: youtube Lab Experiment

Baca juga : Begini Tampilan Oreo Supreme, Air Zam-zam dan Sirup di Bawah Mikroskop

Telur infertil yang didapat ini ternyata ditemukan secara tidak sengaja. Awalnya ia ingin memasak telur namun saat dipecahkan, ternyata bagian kuning dan putih telur menyatu. Di dalam telur ini juga terdapat bercak darah menggumpal yang disinyalir sebagai bakal embrio ayam yang gagal berkembang.

Telur yang hampir membusuk ini tak langsung dibuang melainkan dijadikan alat percobaan. Sampel telur ini lantas dilihat menggunakan mikroskop. "Menurut informasi yang beredar, telur infertil mengandung bakteri salmonella dan beberapa jenis bakteri lainnya," tulis admin youtube ini.

Setelah dilakukan pembesaran 100 kali, belum terlihat pergerakan bakteri, hanya tampak bintik-bintik hitam yang memenuhi cairan telur. Kemudian pembesaran dilakukan untuk lebih detail, kali ini hingga 400 kali. Mulai dari sini terlihat bakteri-bakteri berukuran super kecil bergerak di cairan telur infertil.

telur infertil mikroskoptelur infertil mikroskop Foto: youtube Lab Experiment

Ketika dilakukan pembesaran maksimal, barulah terlihat jelas betapa banyaknya mikroba yang hidup di dalam telur infertil ini. Pemilik youtube tidak menyebutkan jenis mikroba ini, karena harus dilakukan penelitian lebih lanjut dengan alat khusus.

Setelah puas melihat bagian putih dan kuning telur infertil, penelitian dilanjutkan dengan melihat bagian bintik merah yang diduga adalah darah. Setelah diperbesar, memanglah benar kalau gumpalan merah pada telur infertil ini merupakan darah embrio ayam.

Sel darah terlihat saat dilakukan perbesaran, padahal dalam telur segar tidak mengandung sel darah. Dari banyaknya bakteri yang bersarang pada telur infertil ini, bisa disimpulkan kalau telur infertil tidak boleh dikonsumsi.

telur infertil mikroskoptelur infertil mikroskop Foto: youtube Lab Experiment

Baca juga : Begini Tampilan Air Zam-Zam dan Kurma Saat Dilihat Pakai Mikroskop

Video yang diunggah pada 20 Juni 2020 ini kemudian menarik perhatian netizen. Hingga saat ini video zoom telur infertil sudah dilihat hingga 12 ribu kali dan mendapat ratusan komentar.

"Saya pernah tertipu, beli telur lewat Facebook karena harganya murah. Pas ketemu, nggak diperiksa, eh pas mau dimasak telurnya begini semua," beber netizen.

"Saya juga pernah min nemu telur yang ada merah-merahnya tapi kuning dan putihnya nggak kecampur," beber netizen lainnya.



Simak Video "Ciri Telur Infertil yang Dilarang Beredar oleh Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)