Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon' Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak Kecil

Sonia Basoni - detikFood Senin, 02 Agu 2021 10:30 WIB
Billy Martono ‘Crazy Rich Cilegon’ Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak Kecil Foto: Instagram/TikTok Billy Martono
Jakarta -

Pengusaha muda Billy Martono dikenal lewat konten borong makanan dan berbagi ke sesama di TikTok. Ternyata ia dapat julukan 'Crazy Rich Cilegon' dan sudah terbiasa berbagi sejak kecil.

Berawal dari video viralnya di TikTok keliling naik sepeda di dalam rumah mewah bak istana. Nama pengusaha muda Billy Martono langsung menjadi sorotan netizen di TikTok dan Instagram.

Datang dari keluarga pengusaha sukses di Banten, yang memiliki usaha di bidang farmasi, retail hingga kuliner dalam kelompok usahaGama Group Banten. Billy langsung mendapatkan sebutan 'Crazy Rich Cilegon' karena kekayaannya.

Baca Juga: Kisah Sukses 4 Crazy Rich Indonesia yang Pernah Jualan Makanan

Tapi di balik semua kemewahan yang dimilikinya, Billy justru lebih senang jika dirinya dikenal karena kebaikannya bukan kekayaannya.

Kepada detikFood (02/08), Billy membagikan alasan mengapa ia suka bersedekah, memborong makanan penjual kaki lima hingga berbagi makanan gratis ke sesama.

Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon' Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak KecilBilly Martono 'Crazy Rich Cilegon' Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak Kecil Foto: Instagram/TikTok Billy Martono

"Konten di TikTok dan Instagram itu sebenarnya baru saya buat baru-baru ini. Tapi jauh sebelum itu saya sudah terbiasa berbagi makanan dan membantu sesama," jelas pengusaha muda berusia 26 tahun tersebut.

Meski hidup dalam keluarga yang kaya raya, tapi Billy selalu diajarkan untuk berbuat kebaikan sejak usianya masih lima tahun. Bahkan Billy sudah terbiasa merayakan ulang tahunnya dengan membagikan makanan di panti asuhan, sejak ia masih kecil.

"Sebenarnya dibandingkan mendapatkan julukan Crazy Rich, Sultan atau sebagainya. Saya ingin lebih dikenal sebagai orang yang peduli dengan sesama. Itulah mengapa konten-konten saya lebih fokus menunjukkan aksi kebaikan, dibandingkan konten pamer kekayaan atau pamer mobil seperti konten kreator lainnya," ungkap Billy dengan ramah.

"Jauh sebelum saya unggah konten video borong makanan atau berbagi makanan. Saya lewat badan amal dari perusahaan saya, Gama Group juga sudah rutin melakukan berbagai program berbagi ke sesama. Mulai dari program Jumat Berkah, bagi-bagi makanan gratis, hingga sumbangan sembako ke orang-orang yang membutuhkan," lanjut Billy.

Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon' Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak KecilBilly Martono 'Crazy Rich Cilegon' Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak Kecil Foto: Instagram/TikTok Billy Martono

Selain sibuk berbagi ke sesama. Billy juga rajin mengunggah video-video lucu tapi menyelipkan nilai kebaikan yang dia harap bisa menginspirasi banyak orang.

Seperti videonya saat memborong dagangan salah satu penjual kopi keliling yang terkejut ketika mendapatkan uang tunai dari Billy. Tak lupa Billy juga mengajak orang-orang yang lewat hingga para driver ojek online untuk menikmati makanan dan minuman itu.

Ada juga konten berbaginya yang memborong dagangan penjual cilor yang terharu. Bahkan Billy tanpa gengsi langsung turun dan membuat cilor sendiri untuk dia bagikan ke orang-orang di sana.

"Untuk sekarang saya fokus membantu orang-orang atau pedagang yang ada di sekitar Banten. Karena saya kecil dan besar dari Banten, keluarga saya juga mendapatkan rezeki dan berkah dari Banten. Saya percaya bahwa yang harus kita tolong adalah orang-orang yang berada di sekitar kita lebih dulu," lanjut Billy yang sejak tahun 2016 sudah menggeluti berbagai jenis bisnis kuliner.

Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon' Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak KecilBilly Martono 'Crazy Rich Cilegon' Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak Kecil Foto: Instagram/TikTok Billy Martono

Di kedepannya Billy positif akan terus melakukan aksi kebaikan, berbagi makanan dan borong makanan penjual kaki lima meskipun tidak ia unggah ke sosial media.

"Karena saya percaya bahwa berbuat kebaikan itu akan menghasilkan lingkaran kebaikan. Jadi ketika saya berbuat kebaikan ke orang lain, kebaikan itu akan kembali ke saya juga nantinya," pungkas Billy ramah.

Kini akun Instagram dan TikTok milik Billy sudah memiliki lebih dari 128 ribu followers. Dan dalam waktu singkat, ia sudah bisa mengumpulkan 1,3 juta likes di TikTok dari video-video yang dibuatnya.

Baca Juga: Bukan di Mall Mewah, 5 Konglomerat Ini Hobi Makan di Warung Kaki Lima



Simak Video "Paes Solempat Khas Banten yang Enak dan Mudah Dibuat"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com