Niat! Netizen Pakai Rumus Kimia untuk Buktikan Nasi Matang Harus Diaduk

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 01 Agu 2021 08:00 WIB
Niat! Netizen Pakai Rumus Kimia untuk Buktikan Nasi Matang Harus Diaduk Foto: iStock
Jakarta -

Ternyata mengaduk nasi setelah matang jadi faktor penentu nasi mudah basi atau tidak. Mahasiswa ini bahkan niat memakai rumus kimia untuk membuktikannya!

Walaupun mudah, memasak nasi dengan rice cooker ternyata butuh trik untuk menjaga ketahanan kualitas nasi. Tidak jarang banyak nasi yang menjadi basi atau tidak layak makan walaupun dimasak dengan baik di rice cooker.

Bukan hanya kualitas beras dan air yang digunakan, ternyata ada perlakuan khusus jika nasi tak ingin cepat basi. Uniknya ada salah satu mahasiswa yang dengan niat menjelaskan hal tersebut menggunakan rumus teknik kimia.

Perhitungan dan penjelasan uap air yang terperangkap dalam rice cooker ini membuat banyak netizen Twitter terkejut dengan keniatan orang yang menghitungnya. Tidak jarang juga dari mereka yang mengaitkan dengan kebiasaan yang seringkali ditugaskan oleh ibunya.

Baca juga: Ratusan Netizen Curhat Soal Makan Hemat Saat Jadi Anak Kos

Niat! Netizen Pakai Rumus Kimia untuk Buktikan Nasi Matang Harus DiadukNiat! Netizen Pakai Rumus Kimia untuk Buktikan Nasi Matang Harus Diaduk Foto: Twitter/collegemenfess

Dilansir melalui akun Twitter @collegemenfess (29/7), sebuah kiriman dari pengikutnya membagikan rumus menghitung air yang keluar dari nasi yang baru matang menunjukkan faktor yang memengaruhi kualitas nasi. Pada rumus tersebut juga dilengkapi alasan mengapa nasi yang sudah matang harus diaduk.

"Sebutkan fakta kehidupan sehari hari dari kacamata jurusan kalian. Me: fakta memasak nasi dari kacamata teknik kimia," tulis akun @collegemenfess.

Secara bertahap kiriman tersebut juga menghitung rumus kandungan air yang ada di dalam nasi yang sudah matang. Menurutnya kandungan air ini harus dikeluarkan agar nasi tidak mudah menjadi basi.

Tahap menghitung kadar air dalam nasi yang matang ini disampaikan dengan unggahan foto yang lengkap dengan rumus kimianya. Ia juga menerangkan efek dari nasi yang diaduk saat matang bisa membuat nasi jadi lebih awet dan tak mudah basi.

"Jika diaduk-aduk, luas permukaan tempat keluarnya air dari nasi semakin besar (serupa dengan material berpori). Air yang terperangkap dalam nasi sedikit dan nasi tidak cepat basi," tulis @collegemenfess.

Niat! Netizen Pakai Rumus Kimia untuk Buktikan Nasi Matang Harus DiadukNiat! Netizen Pakai Rumus Kimia untuk Buktikan Nasi Matang Harus Diaduk Foto: Twitter/collegemenfess

Ketika dikonfirmasi oleh detikcom (30/7), kiriman ini sudah membuat banyak pengikut akun collegemenfess memberi respon kocak. Mulai dari mengaitkan dengan kebiasaan ibunya hingga ada yang mengatakan ia tak memasak nasi dengan rice cooker.

"Oh ini alasan gua nanya ke emak gua kenapa harus digituin (diaduk) terus dijawab biar enak aja," tulis akun @fullhyuckie.

"Gatau ya, soalnya aku kalo masak nasi pake panci presto," tulis akun @babymon_ster.

Baca juga: Jadwal Ujian Terus Diundur, Dosen Traktir Makanan Mahasiswa



Simak Video "Bikin Ngiler! Twitter Diramaikan #NanaChallenge"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com