Ratusan Netizen Curhat Soal Makan Hemat Saat Jadi Anak Kos

Devi Setya - detikFood Kamis, 13 Agu 2020 16:00 WIB
curhat makan anak kos Foto: twitter @collegemenfess
Jakarta -

Anak kos selalu diidentikkan dengan hidup yang serba pas-pasan, termasuk soal urusan makan. Tak heran kalau susahnya jadi anak kos bikin netizen terpancing untuk curhat.

Berawal dari cuitan akun twitter @collegemenfess tanggal 12 Agustus 2020 soal ajakan sharing saat menjadi anak kos. Cuitan ini lantas langsung mendapat ribuan komentar, terlihat ada lebih dari 1,6 ribu retweet dan komentar yang isinya curhatan anak kos.

"Yuk anak kos sehemat apa kalian di kosan? Just sharing funny moment. Ceritain 1 momen kalian anak rantau (kos) di saat hemat-sehemat2nya. Apakah ada yang hematnya sampe di luar nalar? Let's see," ujar akun twitter ini.

curhat makan anak koscurhat makan anak kos Foto: twitter @collegemenfess

Baca juga : Heboh! Begini Drama Anak Kost Saat Rebutan Mangkuk

Mayoritas netizen menceritakan soal pengalamannya berhemat saat membeli makanan. Kisahnaya unik dan bahkan ada yang terdengar miris. Beberapa kisah yang dibagikan netizen ada juga yang dialami banyak orang sesama anak kos.

Pilihan makanan anak kos ini tak jauh dari mie instan, nasi dengan bubuk cabai, gorengan dan sarden. Bahkan ada yang selalu menyediakan stok minuman sereal dan obat maag sebagai penawar rasa lapar.

"Makan pake sarden kcil (8k) nasinya banyak ikannya kecil satu doang karna ikan nya buat makan siang smpe malem. bumbunya di encerin trs dikucurin ke nasi wkwk. trs makan nasi sama masak sup ayam royco bener2 sup doang kentel dicampur nasi. wkwkw pantes kurus kering," curhat satu netizen.

curhat makan anak koscurhat makan anak kos Foto: twitter @collegemenfess

Ada juga yang menyiasatinya dengan menentukan budget untuk makan harian. Seorang netizen bercerita budget makannya dalam sehari yakni Rp 4 ribu. Uang ini dibelikan gorengan untuk mengganjal perut sehari penuh.

Anak kos lain punya trik yang lebih cerdas soal jaminan urusan perut. Uang yang ia miliki hanya Rp 120 ribu sementara gajian masih 2 minggu lagi. Alhasil ia membeli sambal kaleng dan kecap. Setiap hari ia membeli nasi di warteg lalu memasaknya jadi nasi goreng. Artinya selama 2 minggu berturut-turut hanya makan nasi goreng tanpa lauk.

Memanfaaatkan perkembangan teknologi dan fasilitas diskon dari platform ojek online, anak kos yang satu ini bisa makan enak setiap hari tanpa mengeluarkan uang banyak.

"Selalu memanfaatkan diskon 50% gr*food minimal belanja 40rb & resto yg ongkir 4rb. Jadi sekali pesen itu 2-3 menu dengan total 40rb. Diskon jadi 20rb, ongkir 4rb, total 24rb. Pagi 1 menu, siang 1 menu, malem 1 menu. Jadi seharian cuman keluar 24rb untuk makan. Nasi masak sendiri," beber netizen.

Nikmatnya nasi hangat dengan taburan garam dirasakan oleh netizen pengguna akun @jsnjiun. Di awal masa kuliah, ia sangat sering makan nasi pakai garam karena harus berhemat. "Smt 1 kalo lagi tanggal tua nasi anget+garem udh jadi senjata paling manjur deh apalagi enak bgt. Itu gua lakuin sampe masuk ke smt 2," bebernya.

Berbagai makanan andalan pun disebutkan oleh anak kos ini mulai dari pilus, makaroni goreng, saus sambal, abon, bahkan ada yang hanya mengandalkan sereal dan air panas. Yang bikin sedih, ada netizen yang sama sekali tak punya uang lantas selama 3 hari hanya minum air keran sampai orangtuanya datang membawa uang.

curhat makan anak koscurhat makan anak kos Foto: twitter @collegemenfess

Baca juga : 10 Meme Makanan Anak Kost yang Menyedihkan Tapi Bikin Ngakak

Kisah cuhatan anak-anak kos ini menarik banyak perhatian. Yang berbagi cerita bukan hanya orang-orang yang kini masih kos tapi ada yang kini sudah bekerja dan mapan namun mengingat masa mudanya saat masih jadi anak kos.

Jangankan makan enak, dari kisah yang diceritakan bisa disimpulkan kalau anak kos hanya perlu mengganjal perut. Soal pilihan menu makannya, sebisa mungkin dipilih yang paling murah.

Bagi anak kos yang bisa makan dan tersedia fasilitas alat masak, mereka biasa memilih untuk belanja dan masak sendiri. Menunya tentu seadanya namun masak sendiri lebih terjamin kualitas gizinya dibandingkan hanya makan berlauk garam dan kecap. Nah kalau kamu anak kos, makanan apa yang kerap jadi andalan?



Simak Video "Bikin Laper: Santap Ikan Kerapu Raja dan Udang Vaname"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)