Ajak Makan Kakek Kelaparan, Wanita Ini Banjir Pujian

Devi Setya - detikFood Kamis, 29 Jul 2021 19:30 WIB
Ajak Makan Kakek Kelaparan, Wanita Ini Banjir Pujian Foto: tiktok @yundasica
Jakarta -

Tak sengaja bertemu kakek kelaparan di jalan, wanita ini lantas mengajaknya makan. Aksi yang dilakukan wanita ini membuat netizen salut dan memuji kebaikannya.

Kebaikan kecil yang dilakukan atas dasar ikhlas akan berdampak besar bagi orang yang menerimanya. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, banyak orang yang membutuhkan uluran tangan demi meringankan beban hidup.

Wanita bernama Yunda Sica mengunggah pengalamannya saat bertemu seorang kakek di jalan. Kakek ini terus memegangi perut sambil berjalan tak tentu arah, ketika dihampiri kakek ini tampak lemas. Ternyata ia menahan lapar karena seharian belum menemukan makanan untuk disantap.

Ajak Makan Kakek Kelaparan, Wanita Ini Banjir PujianAjak Makan Kakek Kelaparan, Wanita Ini Banjir Pujian Foto: tiktok @yundasica

Lewat akun tiktoknya @yundasica, wanita yang berdomisili di Batam ini kemudian mengajak kakek ini untuk makan. Benar saja ia kelaparan, makanan yang dipesankan untuknya langsung ludes disantap. Demikian juga dengan kelapa muda yang dibelikan Yunda agar energi sang kakek kembali terisi.

Setelah makan, Yunda mencoba menggali informasi soal kakek ini. Ternyata ia mengalami keterbatasan bicara sehingga obrolan dilakukan menggunakan bahasa isyarat. Namun karena tak mengerti, Yunda sempat kebingungan.

Detikcom (29/7) sudah meminta izin kepada Yunda untuk mengangkat pengalamannya. Menurut Yunda hanya beberapa hal yang bisa dimengerti dari percakapanngnya. Kakek ini ternyata tidak memiliki tempat tinggal. Ia setiap hari tidur di emperan toko ataupun di pelataran masjid.

Beberapa kali ia tidur di emperan toko selalu diusir. Kakek ini juga mengaku tak memiliki keluarga jadi ia hidup sebatang kara sebagai tuna wisma.

Pertemuan dengan kakek ini tak berlangsung lama karena Yunda mengaku harus pergi bekerja. Tapi sebelum meninggalkan si kakek, Yunda sempat mengajaknya ke minimarket untuk belanja beberapa kebutuhan.

"Saya ajak beli barang kebutuhannya. Dia cuma ambil beberapa, jadi kalau saya tidak suruh ambil ya dia tidak mau ambil. Yang dibeli kebanyakan bahan makanan dan snack," kata Yunda.

Video yang sudah dilihat lebih dari 5 juta kali ini kemudian dibanjiri komentar netizen. Yunda pun banjir pujian karena sudah menolong kakek ini, dan dari ribuan komentar netizen banyak yang meminta Yunda menggalang donasi.

"Keliatan laper banget si bapak nya lahap banget makannya," kata netizen.

"Paling gak tega liat orang beginian langsung mewek. Sehat selalu orang baik makasih telah membantu bapaknya," sahut netizen lain.

Ajak Makan Kakek Kelaparan, Wanita Ini Banjir PujianAjak Makan Kakek Kelaparan, Wanita Ini Banjir Pujian Foto: tiktok @yundasica

Karena respon netizen membludak, akhirnya Yunda mencari keberadaan kakek ini keesokan harinya. Ia sempat berkeliling namun tak menemukan sang kakek. Baru di hari berikutnya ia bertemu kembali dengan kakek ini di sebuah masjid.

Barulah ia mengetahui kalau kakek yang ditolongnya bernama Jamhur. Yunda juga berniat menggalang donasi untuk kakek ini agar bisa memenuhi kebutuhan hariannya.


"Donasi kita buka secara transparan. Siapapun boleh donasi nanti penggunaan uangnya kita update lewat tiktok ini. Ternyata banyak orang baik yang peduli dengan Pak Jumhur," pungkas Yunda.



Simak Video "Layanan Katering Haji Ini Bagi-bagi Makanan Gratis untuk Nakes"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com