5 Makanan dalam Acara Pemakaman di Mancanegara, Semuanya Enak!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 16:00 WIB
5 Makanan dalam Acara Pemakaman di Berbagai Negara, Semuanya Enak! Foto: Getty Images/iStockphoto/mphillips007
Jakarta -

Acara pemakaman tentu menyedihkan, namun di beberapa negara, acara ini mirip perayaan karena suguhan ragam makanan enak. Apa saja ya makanan dalam acara pemakaman?

Acara pemakaman di berbagai negara punya keunikan masing-masing. Biasanya keluarga dan kerabat dekat akan melepas kepergian orang yang dicintainya dengan beberapa tradisi.

Salah satu yang jamak ditemui adalah adanya makanan enak saat acara pemakaman. Makanan ini dibagikan untuk para tamu yang datang atau orang-orang di sekitar.

Makanan sering dianggap sebagai 'comfort' atau sesuatu yang menghibur untuk mereka yang tengah berduka. Selain itu, di beberapa negara, konsumsi makanan lezat memang jadi cara untuk memperingati kematian.

Mengutip Mirror UK (26/7), inilah 5 makanan dalam acara pemakaman di berbagai negara:

1. Kyuri uma dan nasu ushi

5 Makanan dalam Acara Pemakaman di Berbagai Negara, Semuanya Enak!5 Makanan dalam Acara Pemakaman di Mancanegara, Semuanya Enak! Foto: Sora News 24

Di Jepang, ada festival peringatan kematian yang disebut Obon. Festival ini diadakan oleh umat Buddha di sana. Mereka meyakini roh orang yang dicintai akan berkunjung dari alam baka saat festival ini digelar.

Keluarga biasanya membuatkan makanan di rumah sebagai persembahan pada nenek moyang mereka. Salah satu tradisinya adalah mengukir atau memotong mentimun jadi bentuk kuda. Makanan ini dikenal dengan sebutan kyuri uma.

Lalu ada juga terung yang dibentuk sapi. Namanya nasu ushi yang merupakan lambang kepergian yang lambat. Baik kyuri uma dan nasu ushi biasanya dijadikan seperti pajangan.

2. Yukgaejang

5 Makanan dalam Acara Pemakaman di Berbagai Negara, Semuanya Enak!5 Makanan dalam Acara Pemakaman di Mancanegara, Semuanya Enak! Foto: Getty Images/iStockphoto/mphillips007

Makanan dalam acara pemakaman ini ada di Korea Selatan. Namanya yukgaejang yang merupakan sup pedas berisi irisan daging sapi dan daun bawang.

Untuk diketahui, acara pemakaman di Korea Selatan biasanya berlangsung 3-5 hari. Mereka yang hadir biasanya berusaha untuk terjaga penuh selama itu sebagai bentuk penghargaan terhadap sosok yang meninggal dan keluarganya.

Karenanya yukgaejang dibuatkan pemilik acara. Rasa pedasnya yang menyegarkan diharapkan bisa membantu tamu berenergi usai mengonsumsinya. Apalagi sup ini dibuat dari berbagai rempah dan isinya merupakan makanan bernutrisi tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com