Gokil! Pemakaman Ini Konsepnya Kebun Sayur yang Bisa Dipetik Langsung

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 24 Jun 2021 11:30 WIB
Gokil! Pemakaman Ini Konsepnya Kebun Sayur yang Bisa Dipetik Langsung Foto: Alamy Stock Photo
Jakarta -

Jauh dari kesan seram, pemakaman yang satu ini lebih mirip seperti taman yang asri. Setiap penjurunya dipenuhi dengan tanaman sayuran dan buah, seperti jeruk, kale hingga jagung.

Jika selama ini pemakaman selalu identik dengan kesan mistik, suram hingga mencekam. Kesan itu tidak akan dirasakan jika orang-orang berkunjung ke pemakaman di Vancouver, Kanada.

Pemakaman ini dikenal dengan nama Heritage Gardens, terletak di wilayah Surrey, British Columbia. Konsepnya menggabungkan peristirahatan terakhir orang-orang dengan kebun sayur dan buah yang asri.

Di sini orang-orang bisa melihat suburnya sayuran dan buah, sambil berkunjung mengenang orang terkasih yang telah tiada. Bahkan pemakaman ini juga memproduksi madu segar yang alami.

Berikut kisah menarik dibalik indahnya pemakaman dengan konsep kebun sayur dan buah ini, dilansir dari Atlas Obscura (23/06).

Baca Juga: Ini Makanan Tradisi Dalam Acara Pemakaman di 6 Negara


Pemakaman Konsep Kebun

Gokil! Pemakaman Ini Konsepnya Kebun Sayur yang Bisa Dipetik LangsungGokil! Pemakaman Ini Konsepnya Kebun Sayur yang Bisa Dipetik Langsung Foto: Alamy Stock Photo

Bersih dan terawat, jadi gambaran utama ketika orang-orang mampir ke pemakaman Heritage Gardens. Pemakaman ini didirikan oleh pria bernama Trevor Crean, yang menganggap bahwa selama ini pemakaman terlalu dijadikan bisnis dan industri bagi sebagian besar orang.

"Selama ini saya melihat bahwa pemakaman itu terlalu komersil, terlalu dibisniskan. Padahal pemakaman adalah tempat terakhir orang-orang beristirahat, di Heritage Gardens saya ingin mengembalikan kepercayaan itu agar orang-orang kembali datang kemari," jelas Crean.

Crean dibantu dengan timnya merancang serta merawat area pemakaman ini dengan sepenuh hati. Di lahan kosong, Crean menanam wortel, jagung, kale, kentang, brokoli hingga aneka kacang-kacangan.


Pemakaman Baru yang Ramah Lingkungan

Gokil! Pemakaman Ini Konsepnya Kebun Sayur yang Bisa Dipetik LangsungGokil! Pemakaman Ini Konsepnya Kebun Sayur yang Bisa Dipetik Langsung Foto: Alamy Stock Photo

Dibandingkan pemakaman lain di area Vancouver, Heritage Gardens terbilang masih baru. Selain membuat konsep pemakaman dengan kebun sayuran dan buah-buahan, Crean memang merancang agar pemakaman ini lebih ramah lingkungan.

Contohnya, Crean menawarkan pilihan penguburan dengan cara yang lebih ramah lingkungan, untuk mengurangi emisi rumah gas. Ia juga menyediakan meja piknik, agar para keluarga mendiang bisa makan siang sambil bersantai di sini.

"Konsep Heritage Gardens sebenarnya cukup sederhana. Saya ingin menunjukkan bagaimana pemakaman bisa menjadi tempat untuk orang yang sudah tiada, sekaligus yang masih hidup," lanjut Crean.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Nasi Bakar Pak Yudhi yang Mirip Sajian Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com