5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 18:00 WIB
5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara Foto: Atlas Obscura/SiteNews
Jakarta -

Banyak makanan yang dijadikan simbol untuk berkabung di berbagai negara. Bahkan beberapa makanan digunakan untuk mengurangi rasa duka.

Kehilangan orang terkasih, keluarga dan dan kerabat memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika dipisahkan dengan kematian. Hampir setiap orang memiliki cara untuk berduka dan berkabung.

Tapi di beberapa negara, momen berkabung ini dihiasi dengan banyak makanan enak yang sudah menjadi tradisi di sana.

Menurut Atlas Obscura (18/02), ada banyak makanan yang digunakan untuk 'menenangkan' orang yang tengah berkabung. Banyak yang percaya bahwa dengan makanan, mereka bisa sedikit melupakan kesedihan tersebut.

Mulai dari Halva, kue manis dari gula dan butter yang biasanya disajikan di acara pemakaman di wilayah Iran. Begitu juga dengan sup Mannish Water asal Jamaika, yang digunakan sebagai simbol berkabung.

Baca Juga: Wine Campur Darah, Ini 5 Tradisi Minum Unik di Dunia


1. Ham Salad

5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara Foto: Atlas Obscura/SiteNews

Ham merupakan bagian daging babi dari bagian belakang kaki. Makanan ini sangat populer di Inggris dan Amerika. Bahkan di Inggris, pada akhir abad ke-19, ham diolah jadi salad yang disajikan pada acara pemakaman.

Dulu ham merupakan simbol status karena harganya yang mahal, dan tidak semua orang bisa membelinya. Sehingga dulu setiap acara pemakaman orang-orang kaya di Inggris, selalu disajikan salad ham sebagau menunya.

Tradisi ini terus berkembang dan menyebar ke Amerika. Di Amerika, ham disajikan dengan telur rebus hingga bawang. Menu ini disajikan pada acara makan siang setelah pemakaman. Terutama di wilayah Upper Midwest, seperti kota Illinois hingga North Dakota.


2. Mannish Water

5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara Foto: Site Recipes

Sekilas tampilannya mirip seperti sup, hidangan mannish water jadi makanan wajib saat berkabung. Makanan yang satu ini selalu disajikan saat tradisi 'The Nine Nights'.

Di mana tradisi ini diselenggarakan agar roh dari orang yang baru meninggal, bisa pergi ke alam lain. Tentunya dengan perayaan berdansa, berbagi cerita, bermain games dan tentu saja makan mannish water bersama.

Mannish water sendiri diracik dari kepala hingga torpedo kambing. Kemudian dimasak dengan kuah kaldu berisi wortel, kentang dan pisang hijau. Sup ini biasanya dimakan dengan roti dari singkong dan tambahan rum.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Galendo, Makanan Khas Ciamis Terbuat dari Saripati Minyak Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com