Indra Perasa Hilang Akibat Covid-19, Bule Ini Kaget Bisa Rasakan Wasabi

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 19:30 WIB
Indra Perasa Hilang Akibat Covid-19, Bule Ini Kaget Bisa Rasakan Wasabi Foto: TikTok/majortraeger
Jakarta -

Anosmia juga menyebabkan hilangnya kemampuan indra perasa. Namun bule ini kaget saat lidahnya kembali bisa merasakan makanan setelah cicip wasabi.

Gejala infeksi Covid-19 salah satunya anosmia atau gangguan untuk mencium bau dan merasakan pada lidah. Biasanya gejala ini membuat banyak penyintas Covid-19 yang tidak mau makan dan kehilangan nafsu makannya.

Untuk mengatasinya, konsumsi wasabi disebut ampuh untuk melatih indra perasa yang terganggu akibat Covid-19. Rasa pedas yang dapat menimbulkan kebas dari wasabi ini ternyata baik digunakan untuk melatih saraf pada lidah. Kandungan pedas wasabi ini dianggap mampu untuk menstimulasi reseptor indra perasa dan mengembalikan kemampuan lidah untuk merasakan makanan lebih cepat.

Hal ini juga dilakukan oleh seorang wanita bule yang membagikan momen cicip wasabi melalui akun TikToknya. Bersama dengan seorang temannya ia ingin membuktikan bahwa anosmia yang dialaminya bahkan dapat membuat wasabi tidak memiliki rasa apapun.

Indra Perasa Hilang Akibat Covid-19, Bule Ini Kaget Bisa Rasakan WasabiIndra Perasa Hilang Akibat Covid-19, Bule Ini Kaget Bisa Rasakan Wasabi Foto: TikTok/majortraeger

Melansir TikTok @majortraeger (25/7), Alix Traeger diketahui tengah mengalami infeksi Covid-19 yang membuatnya tidak bisa merasakan makanan. Walaupun sudah mendapatkan vaksin yang kedua tetapi Traeger tidak menyangka bahwa dirinya secara tiba-tiba terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Positif Corona, 5 Orang Ini Tak Bisa Rasakan Wasabi hingga Makanan Super Pedas

Traeger sudah berhari-hari kehilangan indra perasanya semenjak ia terjangkit Covid-19. Setiap makanan yang dikonsumsi sama sekali tidak ada rasa yang bisa ia rasakan pada lidahnya. Namun sesuatu berubah ketika ia mencoba wasabi.

"Covid Taste test: Wasabi," tulis Traeger dalam videonya.

Indra Perasa Hilang Akibat Covid-19, Bule Ini Kaget Bisa Rasakan WasabiIndra Perasa Hilang Akibat Covid-19, Bule Ini Kaget Bisa Rasakan Wasabi Foto: TikTok/majortraeger

Trager sangat percaya diri saat mengambil sesuap penuh wasabi dan memasukkan ke dalam mulutnya. Awalnya rasa pedas wasabi memang tidak terasa sama sekali.

"Halo, aku masih belum bisa merasakan apapun. Aku akan mencoba wasabi kali ini, ini dia aku tidak akan bisa merasakannya," kata Traeger saat mengambil sesuap wasabi.

Traeger masih bersikap santai setelah beberapa detik wasabi tersebut dimasukkan ke dalam mulutnya. Tetapi tiba-tiba ia merasakan pedas yang luar biasa dari wasabi tersebut.

"Tidak! Aku bisa merasakan wasabi!" kata Traeger yang terkejut.

Indra Perasa Hilang Akibat Covid-19, Bule Ini Kaget Bisa Rasakan WasabiIndra Perasa Hilang Akibat Covid-19, Bule Ini Kaget Bisa Rasakan Wasabi Foto: TikTok/majortraeger

Teman yang ada di sampingnya pun langsung tertawa akan kenekatan Traeger. Keduanya sama sekali tidak berpikir bahwa Traeger akan bisa merasakan pedasnya wasabi.

Saat dilihat oleh detikcom (27/7), video unggahan Traeger ini telah disaksikan oleh lebih dari 3,1 juta pengguna TikTok. Beragam komentar juga memenuhi kolom komentar videonya yang menjelaskan bahwa pedas bukanlah rasa pada lidah.

"Ngakak! Makanan yang panas atau pedas memicu reseptor rasa sakit. Saat aku terjangkit Covid aku tidak bisa merasakan makanan tetapi aku bisa merasakan pedas," tulis akun @jaxxsophia.

Baca juga: Kehilangan Indera Perasa Karena Covid-19, Wanita Ini Cicip Makanan Paling Pedas



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com