5 Fakta Wagyu A5, Daging Sapi Jepang Premium yang Super Juicy

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 21 Jul 2021 14:30 WIB
5 Fakta Wagyu A5, Daging Sapi Jepang Premium yang Super Juicy Foto: Getty Images/iStockphoto/vichie81

3. Marbling pada wagyu A5

5 Fakta Wagyu A5, Daging Sapi Jepang Premium yang Super Juicy5 Fakta Wagyu A5, Daging Sapi Jepang Premium yang Super Juicy Foto: Getty Images/iStockphoto/vichie81

Wagyu mudah dikenali karena marbling yang dimilikinya. Marbling merupakan istilah untuk menunjukkan sebaran lemak pada daging.

Cirinya seperti serat putih yang menyebar di permukaan daging hingga membentuk pola marmer. Semakin tinggi tingkat marbling, maka semakin tinggi pula kualitas serta harga wagyu.

Wagyu A5 memiliki marbling yang banyak. Karenanya saat dimakan, wagyu A5 akan terasa sangat juicy, lembut dan lumer di mulut.

Baca Juga: Ini Bedanya Wagyu dengan Sebaran Lemak Asli dan Buatan

4. Cara masak wagyu

Mengolah wagyu, termasuk wagyu A5, haruslah tepat agar cita rasa dagingnya maksimal. Chef Arnold Poernomo pernah membeberkannya.

Ia menjelaskan wagyu memiliki banyak lemak natural yang bisa meleleh jika berada dalam suhu udara tinggi. Karenanya memotong hingga menyiapkan wagyu hendaknya dilakukan di ruangan yang dingin.

Setelah itu alasi tangan dengan tisu saat hendak memegang wagyu. Tujuannya agar panas dari suhu tubuh kita tidak terpapar langsung ke permukaan daging. Lemak daging pun tidak akan cepat lumer.

Untuk memanggangnya, panaskan pan atau teflon lebih dulu. "Letakkan wagyunya, kemudian kecilkan apinya, baru dibalik. Panggang wagyu ini tak perlu lama-lama ya, tingkat kematangannya medium rare. Biar kita bisa rasakan tekstur daging dan rasa wagyu sebenarnya," jelas Chef Arnold.

Bumbunya tidak perlu banyak, cukup sedikit garam dan lada saja. Sebab rasa wagyu itu sendiri sudah enak dengan karakter rasa umami.

Baca Juga: Tips Masak Daging Wagyu di Rumah dari Chef Arnold Poernomo

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Bikin Rendang Sultan Bareng Dims The Meat Guys"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com