Disukai Rasulullah SAW, Paha Kambing Ternyata Bagian Paling Sehat

Devi Setya - detikFood Rabu, 21 Jul 2021 06:00 WIB
Disukai Rasulullah SAW, Paha Kambing Ternyata Bagian Paling Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Vladimir Mironov
Jakarta -

Rasulullah SAW diketahui suka makan daging kambing, bagian favoritnya adalah paha. Ternyata paha kambing termasuk bagian yang lebih sehat dibandingkan bagian lain.

Hampir seluruh bagian kambing bisa dikonsumsi mulai dari kepala hingga kaki. Tapi banyak orang kerap menuding daging kambing sebagai biang kerok kolesterol. Eits, jangan salah karena ada bagian kambing yang diklaim lebih sehat.

Diriwayatkan oleh sahabat Rasulullah SAW, Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, beliau bercerita, "kami pernah bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah undangan. Kemudian dibawakanlah paha kambing, dan beliau menyukainya. Kemudian beliau menggigitnya satu gigitan." (HR. Bukhari 3340 & Muslim 501).

Disukai Rasulullah SAW, Paha Kambing Ternyata Bagian Paling SehatDisukai Rasulullah SAW, Paha Kambing Ternyata Bagian Paling Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Vladimir Mironov

Rasulullah SAW juga memiliki alasan mengapa dirinya suka makan bagian paha kambing. An-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menukil keterangan al-Qadhi Iyadh,

Al-Qadhi Iyadh ra mengatakan, "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyukai paha kambing, karena mudah dimasak dan mudah dicerna, disamping lebih lezat dan lebih steril dari risiko penyakit. (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 3/65).

Dari hadist ini bisa disimpulkan bahwa Rasulullah SAW menyukai daging kambing namun tidak seluruh bagiannya. Jika dilihat dari sisi kesehatan, bagian paha kambing ternyata memiliki nutrisi yang lebih sehat dibandingkan bagian lainnya.

Bagian paha kambing merupakan bagian paling baik untuk dikonsumsi karena mengandung sedikit lemak. Protein pada kambing terdistribusi merata pada seluruh bagian daging. Selain tinggi protein, paha atas juga paling sedikit kandungan lemaknya.

Sementara bagian perut, kaki, iga dan jeroan kambing memiliki kandungan lemak yang tinggi. Terutama pada bagian jeroan kambing yang berpotensi mengundang berbagai masalah kesehatan.

Jeroan dari kambing seperti babat, usus, paru hingga limpa kambing memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Pasien dengan masalah kolesterol, darah tinggi dan asam urat sangat tidak disarankan mengonsumsi bagian jeroan ini.

Paha kambing juga memiliki tekstur yang empuk dan mudah diolah menjadi berbagai masakan. Bagian paha kambing cocok dimasak dengan cara dipanggang ataupun diolah menjadi gulai.

Tergoda mengolah gulai kambing menggunakan bagian pahanya? Simak resep lengkapnya di sini.



Simak Video "Olahan Kambing Anti Mainstream di Restoran Kambing Babeh Dolof"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com