30 Resep Daging Kambing & Sapi Idul Adha

Ini Cara Masak Tulang Sapi dan Kambing Agar Jadi Sajian Lezat

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 21 Jul 2021 08:30 WIB
Cara masak tulang kambing dan sapi Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Tulang sapi dan kambing bisa diolah menjadi hidangan lezat. Kamu bisa mengikuti beberapa cara masak tulang sapi dan kambing yang tepat berikut ini.

Biasanya tak hanya daging sapi dan kambing saja yang dibagikan saat Idul Adha, tapi juga bagian tulangnya. Namun, tak perlu sedih saat mendapatkan tulang sapi atau kambing. Karena, tetap bisa diolah menjadi hidangan lezat yang menggugah selera.

Tulang sapi dan kambing ini bisa diolah menjadi sup kaldu nikmat. Bisa juga diolah menjadi tengkleng khas Jawa yang sedap. Simak juga cara membersihkan tulang dan cara merebusnya!

Berikut cara memasak tulang sapi dan kambing yang nikmat.

1. Pisahkan Tulang Sapi dan Kambing

Cara masak tulang kambing dan sapiCara masak tulang kambing dan sapi Foto: Getty Images/iStockphoto

Sebelum dimasak, kamu harus memisahkan tulang sapi dan kambing terlebih dahulu. Agar tidak tercampur saat memasaknya. Tulang-tulang ini bisa dibedakan dengan melihat ukurannya.

Ukuran tulang sapi biasanya lebih besar, sementara tulang kambing cenderung kecil. Bahkan bagian tulang iga kambing cenderung lebih tipis.

Perbedaan lainnya juga bisa dikenali dari daging yang menempel pada tulangnya. Di mana tulang sapi biasanya memiliki warna daging yang merah cerah, sedangkan kambing lebih merah gelap.

2. Cuci Bersih Tulang Sapi dan Kambing

Cara masak tulang kambing dan sapiCara masak tulang kambing dan sapi Foto: Getty Images/iStockphoto

Kalau daging sapi sebaiknya jangan dicuci sebelum dimasak agar aromanya lebih sedap. Sebaliknya, tulang sapi dan kambing sebaiknya dicuci lebih dahulu. Karena, biasanya masih ada kotoran yang menempel pada tulang. Seperti tanah atau percikan darah sapi ataupun kambing.

Cuci tulang sapi dan kambing di bawah air mengalir dan usap-usap sampai bersih. Setelah itu, barulah tulang sapi dan kambing bisa diolah menjadi kaldu. Tulang yang bersih juga bisa menjadikan kaldu lebih bening.

Baca Juga: 4 Tips Mengembalikan Indra Penciuman Hilang Saat Isoman

3. Jadikan Kaldu Sup

Cara masak tulang kambing dan sapiCara masak tulang kambing dan sapi Foto: Getty Images/iStockphoto

Cara memasak tulang yang paling mudah dijadikan kuah kaldu. Biasanya menggunakan tulang sapi yang telah dicuci bersih. Potong tulang sapi menjadi dua. Jika berupa tulang sendi, biarkan utuh. Rebus tulang sapi dalam panci berisikan air mendidih selama beberapa jam.

Agar rasa kuah kaldu lebih nikmat bisa kamu tambahkan bawang bombay yang dipotong kasar, bawang putih yang dimemarkan, dan lada butiran. Bisa juga kamu tambahkan daun bawang agar aromanya sedap.

Tulang kambing juga bisa diolah menjadi kaldu. Namun, agar aromanya tidak pregus sebaiknya tambahkan rempah aromatik. Seperti jahe, lengkuas, pala, hingga daun jeruk.

Kaldu tulang ini bisa ditambahkan aneka sayuran untuk sop. Seperti wortel, buncis, kentang, dan lainnya. Kuah kaldu tulang sapi juga cocok digunakan untuk kuah bakso.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com