7 Manfaat Rempah Unik, Jadi Bahan Parfum dan Pengawet Mumi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 14:30 WIB
7 Manfaat Rempah yang Tak Biasa, Jadi Bahan Parfum dan Pengawet Mumi! Foto: Listverse
Jakarta -

Rempah dikenal dengan sejuta manfaatnya untuk kesehatan, tapi tahukah kamu rempah punya manfaat tak biasa? Mulai dari bahan parfum hingga pengawet mumi!

Ada banyak jenis rempah di dunia ini yang populer dengan manfaat sehatnya. Rempah bisa diolah menjadi minuman, bumbu dalam masakan, atau dibuat menjadi larutan guna mengatasi berbagai penyakit.

Selain dijadikan penyedap makanan dan minuman, rempah ternyata juga memiliki banyak manfaat tak biasa. Penggunaannya sudah ada sejak zaman dahulu ketika orang-orang belum tersentuh hal-hal modern. Contohnya pemakaian rempah sebagai bahan parfum.

Untuk mengawetkan mumi pun, rempah punya peran penting. Beberapa rempah terkenal dengan sifat antibakteri dan antiseptik yang bisa menjaga jenazah agar tetap utuh.

Lalu seperti apa manfaat rempah yang tak biasa lainnya? Detikfood merangkum informasinya dari Listverse (14/7) seperti berikut:

1. 'Obat' insomnia

Tak sedikit orang yang alami insomnia. Gangguan ini membuat penderitanya sulit tidur dan kekurangan waktu tidur. Ternyata insomnia bisa diatasi dengan pala dan kayu manis. Dua jenis rempah ini terbukti menciptakan efek tenang dan membantu seseorang lebih mudah tidur.

Hanya saja pastikan mengonsumsi pala tidak terlalu banyak untuk menghindari efek halusinasi. Konsumsi pala berlebihan dapat menyebabkan "Psikosis Pala" di mana orang-orang alami kegelisahan. Untuk pilihan lebih aman, gunakan kayu manis. Rempah bubuk ini bisa ditambahkan dalam beragam minuman dan hidangan.

2. Bahan parfum

7 Manfaat Rempah yang Tak Biasa, Jadi Bahan Parfum dan Pengawet Mumi!7 Manfaat Rempah yang Tak Biasa, Jadi Bahan Parfum dan Pengawet Mumi! Foto: Listverse

Sebelum zaman modern dimana sabun batangan dan sabun cair ditemukan, orang-orang membersihkan badan dengan cara berbeda. Mereka mengandalkan parfum dan cologne untuk membuat tubuh tetap wangi.

Di zaman dulu, parfum bahkan ada yang diciptakan untuk keperluan "pengobatan" dan mengatasi "udara buruk" karena dianggap bisa menyebarkan penyakit. Nah, salah satu bahan pembuatan parfum zaman dulu adalah rempah.

Pala, lada, kayu manis, hingga kayu manis dicampurkan alkohol untuk menghasilkan parfum dan cologne. Kemudian wangi rempah yang kuat ini dikombinasikan dengan herba dan bunga lain. Praktik ini merupakan kunci dalam pengembangan wewangian modern.

3. Larutan obat herbal

Zaman dulu, orang-orang bergantung pada larutan obat herbal untuk menyembuhkan beragam penyakit. Larutan ini dibuat dari aneka herba atau rempah. Umumnya dibuat dari beberapa bagian tanaman yang direndam dalam cuka atau alkohol selama beberapa minggu.

Rempah yang umum digunakan adalah kunyit. Rempah kuning ini dikenal mampu mengurangi peradangan dan tinggi antioksidan. Dahulu larutan obat herbal dikonsumsi dengan cara diteteskan di bawah lidah. Namun jangan coba-coba membuat ramuan obat herbal sendiri karena sifatnya bisa membahayakan kesehatan.

4. Pengawet mumi

Ahli mumi, orang Mesir kuno menggunakan kombinasi rempah-rempah untuk mengawetkan mumi atau jenazah. Setelah semua organ dikeluarkan, tubuh jenazah itu dibersihkan dengan campuran rempah-rempah.

Salah satunya myrrh atau mur yang berfungsi mengusir serangga agar tak mendekati jenazah. Kemudian ada juga minyak kayu manis yang bersifat antijamur, antivirus, dan antibakteri. Juga jinten sebagai antiseptik dan adas manis untuk mencegah pembusukan.

5. Pewangi pakaian

7 Manfaat Rempah yang Tak Biasa, Jadi Bahan Parfum dan Pengawet Mumi!7 Manfaat Rempah yang Tak Biasa, Jadi Bahan Parfum dan Pengawet Mumi! Foto: Listverse

Manfaat rempah tak biasa selanjutnya adalah pewangi alami untuk pakaian. Fungsinya bukan menggantikan deterjen atau pelembut pakaian, melainkan hanya memberi aroma wangi tambahan untuk pakaian yang dicuci.

Kalau tertarik, kamu bisa menaruh jadi satu berbagai rempah di kantong kain. Gunakan rempah utuh seperti cengkih, kayu manis, dan pala. Campurkan dengan lavender dan bunga kering favoritmu. Masukkan kantong rempah ini ke dalam mesin cuci, pakaian pun akan wangi alami! Bonus lainnya, campuran rempah ini mencegah bakteri tumbuh saat pakaian disimpan di lemari nantinya.

6. Cegah hewan mendekati tanaman

7 Manfaat Rempah yang Tak Biasa, Jadi Bahan Parfum dan Pengawet Mumi!7 Manfaat Rempah yang Tak Biasa, Jadi Bahan Parfum dan Pengawet Mumi! Foto: Listverse

Kamu memelihara hewan dan tanaman? Ada cara efektif untuk memastikan hewan peliharaanmu tak merusak tanaman di kebun. Buat mereka tidak mendekati tanaman dengan menaruh bubuk rempah di sekitar tanaman.

Kamu bisa menggunakan bubuk cabai atau bubuk paprika. Cara ini juga menguntungkan untuk tanaman karena rempah mampu memperkaya unsur tanah dan melindunginya dari bakteri.

7. Pengusir serangga

Di rumah kamu banyak semut? Untuk menyingkirkannya kamu bisa memanfaatkan rempah kayu manis. Caranya mudah, taburi bubuk kayu manis di area tempat semut berkumpul. Supaya lebih efektif, kamu juga bisa mencampurkan bubuk kayu manis dengan air lalu masukkan ke dalam botol spray.

Kayu manis tak hanya bisa mengusir semut, tapi juga mengusir serangga lain. Mulai dari laba-laba, nyamuk, lalat, dan bahkan hewan nonserangga seperti tikus.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com