ADVERTISEMENT

Menyusui Bayi hingga 2 Tahun Tercatat dalam Al-Quran

Devi Setya - detikFood
Rabu, 14 Jul 2021 16:30 WIB
Ibu menyusui
Foto: iStock

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk memperbanyak produksi ASI.

1. Sayuran hijau

Close up of Sauropus androgynus or pucuk manis in an organic vegetable gardenMenyusui Bayi hingga 2 Tahun Tercatat dalam Al-Quran Foto: Getty Images/iStockphoto/ntdanai

Ibu menyusui sangat dianjurkan makan sayuran hijau. Sayuran seerti bayam, brokoli, daun katuk dan berbagai sayuran hijau lainnya mengandung nutrisi yang bisa memperbanyak jumlah ASI.

Selama masa menyusui, ibu dianjurkan makan 1-2 porsi sayuran hijau setiap hari. Sayuran hijau juga mengandung senyawa fitoestrogen yang serupa dengan hormon estrogen. Senyawa ini baik untuk mendukung produksi ASI.

2. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang almond, dan kacang kenari, juga bisa diandalkan untuk menambah jumlah ASI. Tak heran kalau banyak produk susu almond yang diklaim sebagai ASI booster.

Kacang-kacangan juga mengandung protein, kalsium, dan zat besi yang dapat menambah produksi ASI. Lemak pada kacang juga termasuk lemak sehat yang membuat ASI makin berkualitas. Jadi busui bisa menjadikan kacang sebagai pilihan camilan sehat.

3. Minum banyak air


Kuantitas ASI juga ditentukan oleh jumlah cairan yang diminum ibu. Selama masa menyusui, ibu disarankan minum air putih minimal 13 gelas dalam sehari.

Jika tubuh terhidrasi dengan baik maka produksi ASI pun akan lancar. Jangan lupa untuk menyusui bayi atau memompa payudara secara rutin setiap hari. Pastikan juga ibu selalu dalam kondisi senang dan tidak stres.



Simak Video "Gemas Banget! 'Chef' Bayi Ini Lihai Masak di Dapur"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT