ADVERTISEMENT

Pizza Delivery Enak

Pizza Sourdough Ini Memakai Ragi Starter Berusia 10 Tahun

Devi Setya - detikFood
Minggu, 11 Jul 2021 15:00 WIB
Pizza Sourdough Ini Memakai Ragi Starter Berusia 10 Tahun
Foto: instagram @bakingchin

2. Bahan utama pizza sourdough

Pria yang lama bermukim di New York ini mengatakan pizza sourdough sebenarnya sangat mudah dibuat dan bahannya pun sangat sederhana.


"Bahan dasarnya hanya tepung, air, garam, ragi starter dan sedikit minyak zaitun. Proses fermentasi yang lama membuat rasanya benar-benar istimewa," jelas Chef Ian.

Bahan dasar untuk membuat pizza sourdough memang sama dengan roti sourdough biasa. Namun proses pengolahannya sedikit berbeda. Chef Ian harus memipihkan adonan sebelum dipanggang. Berbeda dengan roti sourdough yang bisa langsung dipanggang.

"Perbedaannya adalah adonan pizza dipipihkan dan dipanggang segera setelah proses fermentasi selesai. Ini dipipihkan hingga tipis agar lebih cepat matang. Pizza kami dipanggang sekitar 5-6 menit, sedangkan roti sourdough biasanya dipanggang selama 30-50 menit," jelasnya.

3. Menggunakan ragi starter berusia 10 tahun

Untuk membuat sourdough memang memerlukan ragi khusus. Chef Ian mengandalkan ragi segar yang sudah ia simpan lebih dari 10 tahun. Semakin tua usia ragi maka hasil rotinya semakin enak dan sehat. Namun rasanya juga lebih asam

"Ragi starter kami berusia lebih dari 10 tahun. Saya membuatnya saat masih kuliah dan membawanya ke seluruh dunia. Dalam hal fermentasi, kami memfermentasi adonan itu sendiri selama tidak kurang dari 14 jam. Namun beberapa adonan juga memerlukan proses fermentasi lebih lama," kata pria lulusan Le Cordon Bleu, Paris ini.



Simak Video "Perusahaan di Bangkok Bikin Pizza dengan Topping Ganja"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT