Pizza Delivery Enak

Dulu Makanan Orang Miskin, Kini Pizza Jadi Makanan Italia yang Mendunia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 05 Jul 2021 19:00 WIB
Dulu Makanan Orang Miskin, Kini Pizza Jadi Makanan Italia yang Mendunia Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Pizza Delivery Enak
Jakarta -

Jauh sebelum populer di seluruh dunia, pizza awalnya diciptakan untuk orang miskin atau tak mampu. Hidangan khas Italia yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu kini mendunia.

Siapa yang tak kenal pizza? Hampir semua orang di berbagai negara tahu pizza. Makanan khas Italia ini disebut sudah ada sejak tahun 997 di Gaeta, Italia. Saat itu orang Italia sudah mengenal teknik memanggang roti sejak 7,000 tahun yang lalu.

Tentunya bentuk dari pizza di masa lampau tidak seperti sekarang. Dulu pizza hanya berupa roti pipih yang bagian atasnya diberikan topping rempah-rempah.

Dulu Makanan Orang Miskin, Kini Pizza Jadi Makanan Italia yang MenduniaDulu Makanan Orang Miskin, Kini Pizza Jadi Makanan Italia yang Mendunia Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Pizzza Dealer: Mantap! Pizza Gaya New York dengan Mixed Berries yang Segar

Kemudian pada abad ke-16, pizza justru dikenal sebagai makanan khusus orang miskin di Naples, Italia. Seperti yang dilansir dari True Italian (05/07), dulu pizza dijadikan menu makanan keluarga. Karena orang miskin di Italia tidak sanggup jika harus menyiapkan banyak makanan untuk setiap anggota keluarga.

Jadi dibuatlah roti pipih yang sederhana, mudah dibuat dan mengenyangkan untuk memberi makan banyak orang. Toppingnya juga sederhana hanya bawang putih, kadang irisan bawang bombay dan beberapa rempah aromatik.

Namun citra makanan untuk orang miskin ini berubah setelah Ratu Margherita, di tahun 1889 mencicipi pizza untuk yang pertama kalinya.Hal ini berimbas pada popularitas pizza yang melonjak tajam.

Bahkan cikal bakal terbentuknya pizza Margherita yang ikonik tak lepas dari peran Ratu Margherita, yang meminta warna pizza kesukaannya seperti bendera Italia. Dari sana lah pizza terus berkembang dan berinovasi menjadi makanan khas Italia yang digemari semua orang dan mendunia.

Dulu Makanan Orang Miskin, Kini Pizza Jadi Makanan Italia yang MenduniaDulu Makanan Orang Miskin, Kini Pizza Jadi Makanan Italia yang Mendunia Foto: Getty Images/iStockphoto

Tidakk hanya di wilayah Eropa dan Amerika saja, popularitas pizza juga sangat tinggi di Asia terutama di Indonesia. Popularitas pizza di Indonesia tak lepas dari peran masuknya restoran pizza dari Amerika, yaitu Pizza Hut. Mereka membuka gerai pertama di Indonesia pada tahun 1984 di Jakarta.

Meski masuk ke dalam hidangan 'Western', tapi pizza sudah menjelma menjadi makanan sehari-hari. Mulai dari versi mahal, klasik, kekinian sampai yang pizza lokal yang murah tersedia di mana-mana.

Tak ketinggalan persaingan ketat antara pizza Italia dan pizza Amerika yang keduanya sama-sama digemari orang Indonesia. Terlihat dari banyaknya gerai pizza kekinian dengan konsep pizza Amerika, serta gerai pizza Italia yang lebih klasik.

Di Rumah Aja, Jungkook BTS Jadi Jago Bikin PizzaPizza Foto: iStock

Varian pizza yang dijual juga lebih beragam. Ada pizza keju lumer yang terjangkau, pizza bentuk pastel yang digoreng garing, kemudian pizza homemade yang dibuat langsung oleh chef dari Italia, sampai pizza kekinian yang menggunakan adonan roti sourdough sebagai bahan utamanya.

Di ulasan minggu ini, detikFood akan membahas tentang serba-serbi pizza kekinian yang digemari di sini. Mulai dari perbedaan pizza Italia dan Amerika, rekomendasi pizza enak yang bisa dipesan di rumah, sampai pizza dengan berbagai topping ekstrem yang menarik untuk dibaca.

Nah, bagi penggemar berat pizza pantau terus ulasan tentang pizza di detikFood!

Baca Juga: Sliced Pizza: Ngemil Pizza Potongan Gede Topping Cheese Burger



Simak Video "Indomie Dijadikan Topping Pizza, Bagaimana Jadinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Pizza Delivery Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com