Telur Ayam Harga Rp 1.500 Vs Rp 7.500, Gimana Rasanya?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 04 Jul 2021 18:00 WIB
Tasyi Athasyia Bandingin Telur Mahal Vs Murah. Mulai dari Harga Rp 1.500 hingga Rp 7.500 Foto: YouTube Tasyi Athasyia
Jakarta -

YouTuber Tasyi Athasyia sering membandingkan makanan dan minuman. Kali ini ia membandingkan kulalitas telur mahal dan telur murah yang harganya jauh berbeda.

Telur merupakan makanan sumber protein tinggi yang harganya terjangkau. Telur juga bisa dikreasikan menjadi beragam hidangan lezat. Seperti telur rebus, telur orak-arik, omelet, dan lainnya.

Ternyata telur ayam memiliki beragam jenis yang dibedakan dari harga dan kualitasnya. Mulai dari telur ayam negeri, telur ayam kampung, dan telur mori tama yang mengandung omega-3 tinggi berasal dari Jepang.

YouTuber Tasyi Athasyia (2/7) menggungah sebuah video yang berisikan dirinya membandingkan antara telur mahal dan murah. Harga dari ketiga telur yang dibandingkan oleh Tasyi Athasyia sangat berbeda.

Tasyi Athasyia Bandingin Telur Mahal Vs Murah. Mulai dari Harga Rp 1.500 hingga Rp 7.500Tasyi Athasyia Bandingin Telur Mahal Vs Murah. Mulai dari Harga Rp 1.500 hingga Rp 7.500 Foto: YouTube Tasyi Athasyia

Baca Juga: 4 Tips Diet Via Vallen yang Kini Langsing dan Wajahnya Lebih Tirus

Telur ayam negeri dibanderol harga Rp 1.500, telur ayam kampung Rp 2.000, dan telur mori tama (Jepang) dibanderol harga Rp 7.500. Telur mori tama (Jepang) memiliki harga yang lebih mahal karena tinggi omega-3, bebas dari salmonela, dan bebas dari virus flu burung.

Perbedaan telur ini bisa dilihat dari cangkangnya. Kalau telur ayam kampung berwarna putih, telur ayam negeri cangkangnya lebih mulus, dan telur mori tama (Jepang) tidak mulus. Konsistensi putih dan kuning telurnya juga memiliki perbedaan. Pada telur ayam negeri, putih telurnya lebih encer dan kuningnya berwarna lebih terang.

Tasyi Athasyia Bandingin Telur Mahal Vs Murah. Mulai dari Harga Rp 1.500 hingga Rp 7.500Tasyi Athasyia Bandingin Telur Mahal Vs Murah. Mulai dari Harga Rp 1.500 hingga Rp 7.500 Foto: YouTube Tasyi Athasyia

Sedangkan telur ayam kampung, bagian putihnya juga encer dan kuningnya lebih pekat. Kemudian untuk telur mori tama (Jepang), putih telurnya bertekstur kental dan tidak mudah pecah serta kuning telurnya pekat sekali.

Menyoal rasa, Tasyi tidak menemukan perbedaan yang berarti pada telur ayam negeri dan telur mori tama (Jepang). Ia lebih menyukai rasa dari telur ayam kampung yang menurutnya lebih gurih.

Baca Juga: Konsumsi 7 Makanan Tinggi Protein Agar Cepat Negatif COVID-19

Tasyi Athasyia Bandingin Telur Mahal Vs Murah. Mulai dari Harga Rp 1.500 hingga Rp 7.500Tasyi Athasyia Bandingin Telur Mahal Vs Murah. Mulai dari Harga Rp 1.500 hingga Rp 7.500 Foto: YouTube Tasyi Athasyia

"Aku paling suka telor ayam kampung karena lebih gak amis terus lebih gurih dibanding si ayam ini si ayam itu (telur ayam negeri dan mori tama)," kata Tasyi Atasyia.

"Nih tadi kan aku makan literaly kuning telornya kan yolk-nya, itu jauh banget. Kalo si ini si mahal sama si ayam negeri masih mirip-mirip sih. Tapi kalo ayam kampung beda, dia benar-benar gurih dan ini nggak aku kasi garam," lanjutnya.

Kesimpulannya, Tasyi lebih menyukai telur ayam kampung dibandingkan yang lainnya. Video Tasyi Athasyia yang membandingkan telur mahal dan telur murah ini telah ditonton sebanyak 224 ribu kali.

Tasyi Athasyia Bandingin Telur Mahal Vs Murah. Mulai dari Harga Rp 1.500 hingga Rp 7.500Tasyi Athasyia Bandingin Telur Mahal Vs Murah. Mulai dari Harga Rp 1.500 hingga Rp 7.500 Foto: YouTube Tasyi Athasyia

Baca Juga: Ciri-ciri Warung Makan Pakai Penglaris Menurut Paranormal Mbak You



Simak Video "Masak Masak: Resep Telur Gulung Korea Tebal dan Empuk"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com