Alat Bikin Sulit Ngunyah Ini Bisa Turunkan BB 6 Kg dalam 2 Minggu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Jul 2021 14:00 WIB
Alat Bikin Sulit Ngunyah Ini Bisa Turunkan BB 6 Kg dalam 2 Minggu Foto: University of Otago
Jakarta -

Berat badan bisa turun cepat dengan alat aneh ini. Namanya DentalSlim Diet Control yang membuat penggunanya bakal sulit buka mulut dan mengunyah makanan!

Beragam pola diet sehat bisa dicoba untuk menurunkan berat badan, namun beberapa orang yang putus asa sepertinya mau mencoba hal-hal esktrem. Misalnya minum pil pelangsing atau obat pencahar.

Lalu muncul juga beberapa alat aneh yang diklaim bisa membantu proses penurunan berat badan. Salah satu yang terbaru dan ramai dibicarakan adalah DentalSlim Diet Control.

Alat ini bukan diminum, melainkan dipakai oleh mereka yang tertarik mencobanya. Dikutip dari Oddity Central (29/6), DentalSlim Diet Control membuat penggunanya hanya bisa buka mulut selebar 2 mm. Akibatnya, pengguna akan sulit makan, bicara, dan bahkan bernapas!

DentalSlim Diet Control diciptakan tim peneliti Universitas Otago, Selandia Baru. Alat ini perlu dipasang ahli gigi professional karena akan ditaruh di bagian atas dan bawah gigi belakang.

Alat Bikin Sulit Ngunyah Ini Bisa Turunkan BB 6 Kg dalam 2 MingguAlat Bikin Sulit Ngunyah Ini Bisa Turunkan BB 6 Kg dalam 2 Minggu Foto: University of Otago

DentalSlim Diet Control didukung fitur magnet yang ketika diaktifkan membuat penggunanya hanya bisa membuka mulut sedikit saja. Tim peneliti pencipta alat aneh ini meyakini DentalSlim Diet Control bisa membantu memerangi epidemi obesitas global saat ini.

Baca Juga: 5 Diet Ekstrem yang Nyeleneh, Ada Diet Cacing hingga Diet Kapas

"Hambatan utama seseorang untuk berhasil menurunkan berat badan adalah kepatuhan. DentalSlim Diet Control membantu mereka membangun kebiasaan baru, memungkinkan mereka untuk menjalani diet rendah kalori dalam jangka waktu tertentu," kata Profesor Paul Brunton dari Universitas Otago.

Kemunculan alat aneh ini langsung mendapat banyak kritik. Banyak yang menyebut DentalSlim Diet Control sebagai alat penyiksaan paling biadab dan bukan solusi tepat untuk mengatasi masalah obesitas yang kian serius.

Menanggapi hal ini, peneliti di balik DentalSlim Diet Control mengatakan alat ciptaan mereka bukanlah solusi penurunan berat badan jangka panjang yang bisa dicoba oleh siapa pun.

Alat Bikin Sulit Ngunyah Ini Bisa Turunkan BB 6 Kg dalam 2 MingguAlat Bikin Sulit Ngunyah Ini Bisa Turunkan BB 6 Kg dalam 2 Minggu Foto: University of Otago

Mereka mengatakan alat ini dirancang untuk dipertimbangkan pemakaiannya saat keadaan darurat. Misalnya ketika pasien memerlukan operasi penyelamatan jiwa, tetapi berat badan mereka menghalangi prosedur bedah.

DentalSlim Diet Control bisa dipakai untuk pasien tersebut sehingga mereka menjalani pola makan berbasis cairan sampai mencapai berat badan yang lebih aman. Setelahnya, kunci magnetik pada DentalSlim Diet Control bisa kembali dinonaktifkan.

Baca Juga: Diet Aneh dari 'Zaman Old' yang Lebih Berbahaya dari Diet 'Zaman Now'

Profesor Paul Bronton menjelaskan penggunaan DentalSlim Diet Control terbilang praktis. Alat ini sebenarnya juga bisa untuk diet, namun harus berada di bawah pengawasan ahli gizi, apalagi jika ingin mencapai target penurunan berat badan jangka panjang.

Alat Bikin Sulit Ngunyah Ini Bisa Turunkan BB 6 Kg dalam 2 MingguAlat Bikin Sulit Ngunyah Ini Bisa Turunkan BB 6 Kg dalam 2 Minggu Foto: University of Otago

Ternyata praktik 'mengunci rahang' seperti mekanisme DentalSlim Diet Control bukanlah yang pertama. Alat serupa juga pernah diciptakan tahun 1980-an, namun menyebabkan muntah yang berisiko membuat penggunanya tersedak.

Setelah pemakaian 9-12 bulan juga ada efek serius. Penggunanya bisa alami pembengkakkan gusi dan bahkan mengalami masalah kejiwaan parah.

DentalSlim Diet Control disebut-sebut merupakan versi modern dari alat tersebut yang lebih aman. Namun tetap saja bagi banyak orang, alat ini sama 'biadabnya'.

Peneliti mengklaim dari hasil percobaan partisipan rata-rata turun berat badan 6,36 kg dalam dua minggu dengan pemakaian DentalSlim Diet Control. Mereka juga termotivasi untuk terus menurunkan berat badan.

Baca Juga: Diet Cara Aneh, Pria Ini Ciptakan Timbangan Makanan yang Rumit



Simak Video "Bikin Laper: Perpaduan Bakmi dengan Sei Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com