5 Diet Ekstrem yang Nyeleneh, Ada Diet Cacing hingga Diet Kapas

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 15:30 WIB
cacing pita Foto: Tangkapan layar Facebook
Jakarta -

Pola diet yang aneh bahkan kadang ekstrem membuat banyak orang justru tertarik mencobanya. Seperti diet cacing sampai diet kapas yang berbahaya untuk tubuh.

Ada banyak program diet yang benar-benar aneh dan ekstrem. Terkadang pola diet ini justru nyeleneh, dan tidak disarankan oleh ahli gizi dan ahli kesehatan. Meski sudah tahu bahaya dan efek sampingnya, tapi tetap saja banyak orang yang percaya dan mengikuti program diet tersebut.

Sering juga disebut sebagai 'diet fads' atau diet yang tidak sehat. Berikut lima diet ekstrem dan bikin mual yang diterapkan banyak orang di berbagai negara.

Baca Juga: 6 Tips Diet yang Memudahkan Penurunan Berat Badan, Contek Yuk!

1. Diet Cacing

Cacing PitaCacing Pita Foto: Istimewa

Cacing pipih atau tapeworm, merupakan jenis parasit yang lebih dikenal dengan nama cacing pita. Cacing ini biasanya terdapat di daging hewan, dan masuk ke tubuh manusia jika daging hewan dimakan dalam kondisi belum matang atau mentah.

Namun banyak orang yang percaya cacing pita ini justru dapat menurunkan berat badan. Dengan memasukkan cacing pita ke dalam perut, orang kuno percaya bahwa cacing ini akan menyedot lemak dan makanan dari perut sehingga tubuh cepat turun.

Tapi tentunya diet ekstrem ini sangat tidak direkomendasikan. Karena sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, serta bisa menginfeksi bagian organ-organ pencernaan lainnya. Untungnya diet ini sudah tidak sepopuler di masa lampau.

2. Diet Tanah Liat

makan tanah liatmakan tanah liat Foto: iStock

Diet dan membatasi asupan makan memang berat bagi sebagian orang. Terutama bagi para artis yang dituntut harus tampil sempurna. Namun beberapa tahun lalu sempat viral diet ekstrem bernama 'clay diet'. Diet ini menggunakan tanah liat.

Semakin populer setelah di endorse oleh aktris seperti Shailene Woodley dan Zoe Kravitz. Mereka percaya bahwa mencampur makanan dengan tanah liat versi botanik, akan menyerap lemak via saluran pencernaan.

Padahal belum ada bukti ilmiah tentang kebenaran klam diet ini. Selain itu menyantap tanah liat tentu saja, bisa berbahaya bagi tubuh. Mulai dari menyerap nutrisi hingga vitamin penting di tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com