Di Curry College Ini Bisa Belajar Meracik Kari Khas Jepang

Devi Setya - detikFood Senin, 28 Jun 2021 12:00 WIB
Di Curry College Ini Bisa Belajar Meracik Kari Khas Jepang Foto: Getty Images/andresr
Jakarta -

Meskipun bukan asli Jepang, kari merupakan salah satu hidangan andalan Jepang. Kini ada Curry Collage untuk mempelajari racikan kari khas Jepang.

Dikabarkan Japan Today (25/6) di Jepang ada sekolah khusus kari yang bisa jadi tempat untuk mempelajari seluk beluk soal kari. Sekolah ini jadi satu-satunya institusi pendidikan tinggi di Jepang yang didedikasikan untuk hidangan kari yakni Curry College.

Saat ini Curry College sedang mencari generasi profesional pembuat kari berikutnya. Pendidikan yang diselenggarakan oleh Curry General Research Center, sebuah institusi Jepang yang didedikasikan untuk mempelajari pengaruh budaya dan adaptasi dari kari.

Di Curry College Ini Bisa Belajar Meracik Kari Khas JepangDi Curry College Ini Bisa Belajar Meracik Kari Khas Jepang Foto: Getty Images/andresr

Seperti diketahui racikan kari Jepang berbeda dengan kari India. Jepang mengenal kari dari Inggris yang mengadaptasi dari India. Kari Jepang terkenal lebih lembut rempahnya dan berkuah kental, disajikan dengan nasi. Kini kari Jepang dijual dalam kemasan bumbu dan makanan siap santap.

Curry College adalah kursus pelatihan delapan bulan yang ketat tentang segala hal mengenai kari. Selama menempuh pendidikan, siswa akan mempelajari tentang sejarah kari Jepang, komposisi bumbu kari, cara membuka restoran kari, berjualan kari hingga membuat kemasan kari.

Sejauh ini, Curry College telah meluluskan 1.500 siswa sejak awal didirikan pada tahun 2014 lalu. Ada 3 materi kursus yang tersedia. Kursus umum, Curry Scholar, dan Curry Audited Scholar. Kursus Umum meliputi program yang bisa diikuti oleh semua orang baik itu pencinta kari maupun orang yang akan menjalankan bisnis rumah makan kari.

Sementara bagi orang-orang yang memiliki pengetahuan lebih tentang kari, misalnya pemilik restoran atau akademisi, kursus Curry Scholar dan Curry Audited Scholar menyediakan materi yang lebih lengkap.

Di Curry College Ini Bisa Belajar Meracik Kari Khas JepangDi Curry College Ini Bisa Belajar Meracik Kari Khas Jepang Foto: Getty Images/andresr

Setelah mengikuti kelas ini, para siswa sebenarnya tidak mendapatkan gelar khusus. Namun para lulusannya dijamin bisa meracik kari lezat untuk dikonsumsi sendiri maupun dijadikan usaha kuliner.

Biaya kuliah untuk kursus di Curry College adalah 250.000 yen atau setara Rp 32,6 juta. Gelombang pertama penerimaan siswa baru ini berlangsung mulai tanggal 31 Juli 2021. Siapapun yang tertarik bisa mendaftar secara online lewat website resmi Curry College.

Nantinya para siswa akan memulai pendidikan di bulan November 2021 dan selesai pada April 2022.



Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com