'Black Diamonds Natto', Natto Hitam yang Istimewa dan Mahal

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 23 Jun 2021 15:30 WIB
Natto Hitam Black Diamonds Termahal di Jepang Foto: SORA NEWS
Jakarta -

Umumnya natto di Jepang dibanderol harga 80 yen (Rp 10 ribu) per 3 bungkus. Tapi, natto 'Black Diamonds' ini dibanderol 2,160 yen (Rp 283 ribuan) per boks. Apa istimewanya?

Natto adalah salah satu super food yang ada di Jepang. Terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi hingga menghasilkan tekstur lengket dan berlendir.

Banyak orang yang menganggap natto sebagai makanan ekstrem karena tampilannya yang menjijikkan. Aroma dari natto juga sangat menyengat karena melalui proses fermentasi.

Natto is a Japanese dish made from fermented soybeans. It has a distinctive smell and sticky, stringy texture. It is frequently served over rice, topped with sliced green onions.Natto Foto: Istock

Walaupun tampak menjijikkan, namun natto sangat menyehatkan. Biasanya orang Jepang mengonsumsi natto bersama nasi panas saat sarapan.

Baca Juga: Unik! Kini Ada Natto Rasa Kari Jepang

Tak hanya kedelai putih, tapi kedelai hitam juga bisa dijadikan natto. Proses pembuatan dan tampilannya juga sama. Bahkan disebut lebih enak rasanya.

Dilansir dari Sora News (22/6), ada sebuah toko di prefektur Akita bernama Fukujiro yang menawarkan natto paling mahal di Jepang. Jika biasanya natto biasa dibanderol harga 80 yen (Rp 10 ribuan), natto Tanba Kuro atau 'mutiara hitam' ini dibanderol harga harga 2,160 yen (Rp 283 ribuan) per boksnya yang berisikan 2 bungkus.

Tampilan natto ini lebih premium dari yang biasa, karena Natto 'mutiara hitam' ini dikemas dalam boks. Di dalamnya berisikan dua kemasan natto 'mutiara hitam'.

Natto Hitam 'Black Diamonds' Termahal di JepangNatto Hitam 'Black Diamonds' Termahal di Jepang Foto: SORA NEWS

Baca Juga: Diklaim Dapat Mencegah Virus Corona, Penjualan Natto Meningkat

Natto diletakkan dalam kertas pembungkus. Tampilannya tak jauh berbeda dari natto biasa, karena tetap menghasilkan lendir dan lengket. Hanya saja, ukuran kacang kedelai hitamnya jauh lebih besar 4 kali lipat dari yang biasa.

Natto Hitam 'Black Diamonds' Termahal di JepangNatto Hitam 'Black Diamonds' Termahal di Jepang Foto: SORA NEWS

Natto 'mutiara hitam' ini biasanya disantap sebagai camilan atau pelengkap hidangan. Natto jenis ini tidak cocok disantap bersama nasi.

Natto Hitam 'Black Diamonds' Termahal di JepangNatto Hitam 'Black Diamonds' Termahal di Jepang Foto: SORA NEWS

Biasanya dicocolkan ke garam, lalu tambahkan sedikit bawang putih halus. Setelah itu tambahkan irisan daun bawang dan celupkan ke dalam shoyu.

Baca Juga: Sultan! Nagita Slavina Masak Tongseng Wagyu A5 Seharga Rp 6 Juta



Simak Video "Bikin Laper: BBQ Tomahawk yang Super Empuk dan Gurih"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com