7 Makanan Penangkal Virus dan Bakteri Penyebab Infeksi

Devi Setya - detikFood Senin, 28 Jun 2021 07:00 WIB
Racikan Teh Lemon dan Kayu Manis Cocok untuk Penderita Diabetes Foto: iStock

5. Sayuran hijau dan buah berry


Bayam, sawi atau selada adalah jenis sayuran hijau yang direkomendasikan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga agar tidak sakit karena terinfeksi virus serta bakteri.

Selain sayuran hijau, ada juga beberapa buah berry yang enak dan bisa mengusir virus dalam tubuh. Jenis buah berry seperti blueberry, raspberry, strawberry, blackberry dan jenis berry lainnya mengandung polifenol, fitokimia dan flavonoid yang memperkuat daya tahan tubuh.

6. Kunyit

Manfaat Kunyit: Cegah Diabetes hingga Tingkatkan Imunitas Tubuh7 Makanan Penangkal Virus dan Bakteri Penyebab Infeksi Foto: Getty Images/iStockphoto/ollo


Bumbu dapur yang punya warna kuning ini sudah lama dikenal memiliki sifat antibakteri. Kunyit juga terbukti meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mengatasi masalah sistem pencernaan, terutama mengobati iritasi usus besar.

Kunyit bisa diracik menjadi berbagai olahan minuman atau makanan. Kunyit rebus yang dikonsumsi rutin setiap hari bahkan bisa membantu mencegah dan mengobati kanker. Jika memiliki masalah pada lambung, kamu hanya perlu minum segelas air rebusan kunyit untuk mengobatinya.

7. Makanan fermentasi

Berbagai makanan fermentasi mengandung bakteri baik yang bisa melawan bakteri jahat di dalam usus. Ketika sistem pencernaan sehat maka kekebalan tubuh akan meningkat.

Makanan fermentasi juga membantu membuang racun dalam tubuh, menyerap nutrisi makanan lebih baik, menurunkan tekanan darah bahkan meningkatkan mood. Rutinlah makan makanan fermentasi seperti yogurt, tempe hingga acar sayuran.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com