Kopi Keliling

5 Angkringan Kopi Joss yang Populer di Yogyakarta

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 24 Jun 2021 17:00 WIB
Wisata kuliner Kopi Joss dari Angkringan Lik Man Foto: Sukma Indah Permana
FOKUS BERITA Kopi Keliling
Jakarta -

Kopi joss umum ditawarkan oleh angkringan yang ada di Yogyakarta. Ada 5 angkringan kopi joss yang populer di sana, salah satunya sudah legendaris!

Kopi joss adalah sajian kopi tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Berupa kopi hitam yang diracik dengan gula dan air panas, lalu dicelupkan potongan arang panas.

Diberikan nama 'joss' karena arang panas yang dicelupkan ke dalam kopi menimbulkan suara 'joss'. Kopi joss mudah ditemui di angkringan yang ada di Yogyakarta. Satu cangkir kopi joss biasanya dibanderol mulai dari Rp 5 ribu saja.

Berikut 5 angkringan kopi joss populer di Yogyakarta.

1. Kopi Joss Lik Man

Kopi Joss Populer di YogyakartaKopi Joss Populer di Yogyakarta Foto: Instagram @eat.with.olin

Angkringan Kopi Joss Lik Man adalah pelopor kopi joss di Yogyakarta. Sudah tersohor sejak tahun 1968 dan selalu menjadi favorit warga Yogyakarta maupun wisatawan.

Tak heran kalau Kopi Joss Lik Man jadi incaran wisatawan, karena dulu lokasinya berdekatan dengan Stasiun Yogyakarta. Saat ini Kopi Joss Lik Man bertempat di Selasar Malioboro, tepatnya di Jalan Pasar Kembang, Sosromenduran, Yogyakarta.

Tempatnya berada di pinggiran jalan dan sangat sederhana. Untuk menemani minum kopi joss, ada beragam camilan enak, seperti aneka sate, tempe mendoan, bakwan, tahu isi, hingga sego kucing.

Baca Juga: Rajin Antar Pesanan Teh Tanpa Mengeluh, Pria Ini Dapat Hadiah Sepeda Baru

2. Kopi Joss Pak Agus

Kopi Joss Populer di YogyakartaKopi Joss Populer di Yogyakarta Foto: Instagram @myjollybelly

Angkringan Pak Agus juga terkenal dengan sajian kopi jossnya yang nikmat. Kopi Joss Pak Agus sangat populer di kalangan warga lokal dan wisatawan. Lokasinya juga strategis berada di dekat perempatan Tugu Malioboro, Yogyakarta.

Kopi joss di sini tak hanya kopi hitam saja, tapi juga bisa ditambahkan susu. Cocok buat kamu yang suka varian kopi manis. Harganya juga terjankau, mulai dari Rp 4 ribuan saja.

Ada banyak camilan enak untuk teman minum kopi joss di sini. Mulai dari baceman, pisang bakar, roti bakar, aneka sate, hingga sego kucing. Minuman lainnya ada wedang jahe, teh susu es jeruk, dan lainnya.

3. Kopi Joss Pak Antun

Kopi Joss Populer di YogyakartaKopi Joss Populer di Yogyakarta Foto: Instagram @kopijosspakantun

Kopi Joss Pak Antun juga bisa kamu jadikan pilihan untuk menikmati kopi joss enak. Lokasi angkringannya berada di Jalan P. Mangkubumi No. 22B, Gowongan, Yogyakarta.

Pilihan kopi joss di sini juga tak hanya kopi hitam, tapi juga ada yang ditambahkan susu. Kopi joss dengan arang panas ini sangat nikmat diminum saat cuaca dingin.

Aneka camilan enak juga ditawarkan di angkringan Kopi Joss Pak Antun. Mulai dari aneka sate, baceman, gorengan, dan beragam menu nasi yang mengenyangkan.

Baca Juga: 5 Kuliner Legendaris Salatiga, Kota Gastro History yang Akan Diajukan ke UNESCO

4. Kopi Joss Mas Bagong

Kopi Joss Populer di YogyakartaKopi Joss Populer di Yogyakarta Foto: Instagram @angkringanmasbagong

Angkringan Mas Bagong juga bisa kamu kunjungi untuk menikmati kopi joss yang hangat di malam hari. Lokasinya berada di Jalan Jend. Sudirman No.3, Cokrodiningratan, Yogyakarta.

Tempatnya cukup nyaman untuk dipakai nongkrong karena cukup luas dan bersih. Kopi joss yang ditawarkan di sini tersedia kopi hitam dan kopi susu.

Beragam pilihan sate enak juga tersedia di sini, mulai dari sate usus, kerang kikil, jamur, hingga sosis. Ada jua aneka baceman, gorengan, dan nasi kucing untuk teman minum kopi joss.

5. Kopi Joss Mbak Siska

Kopi Joss Populer di YogyakartaKopi Joss Populer di Yogyakarta Foto: Instagram @rioashadi

Kopi Joss di Angkringan Mbak Siska juga populer di Yogyakarta. Lokasinya ada di Slasar Malioboro, kini tempatnya berada di dalam gedung dan jauh lebih nyaman.

Menu andalan di sini sudah pasti kopi jossnya. Ada yang kopi hitam maupun kopi susu dengan harga Rp 5 ribuan. Sego kucing Angkringan Mbak Siska juga sangat beragam, mulai dari isian oseng jamur, ati ampela, hingga mercon ayam.

Beragam camilan enak untuk teman minum kopi joss jua bisa kamu pesan. Ada sate ayam, sate kulit, sate usus, hingga sate jamur krispi. Harganya Rp 3 ribuan saja per tusuknya.

Baca Juga: Kocak! 5 Spanduk Restoran yang Bikin Ngakak untuk Tarik Perhatian Pembeli



Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)
FOKUS BERITA Kopi Keliling

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com