Cewek Korea Pertama Kali Bikin dan Cicip Es Gabus, Ini Reaksinya

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 24 Jun 2021 12:30 WIB
Cewek Korea Bikin Es Gabus Foto: YouTube Rosakis
Jakarta -

Cewek Korea satu ini membuat es gabus khas Indonesia. Walaupun baru pertama kali, ternyata ia jago sekali membuatnya. Intip juga reaksi saat mencicipinya!

YouTuber asal Korea Selatan banyak yang membuat konten video bertemakan kuliner Indonesia. Seperti YouTuber Rosakis yang sering membuat masakan khas Indonesia.

YouTuber cantik yang pernah lama tinggal di Indonesia ini sangat fasih berbahasa Indonesia. Ia juga jago membuat masakan Indonesia walaupun baru pertama kali mencobanya.

Baca Juga: Krenyes Renyah! Ini 5 Gorengan Bakwan Versi Mancanegara yang Enak

Belum lama ini Rosakis mencoba membuat es gabus khas Indonesia. Buat yang belum mengetahuinya, es gabus adalah es tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung hunkwe.

Cewek Korea Bikin Es GabusCewek Korea Bikin Es Gabus Foto: YouTube Rosakis

Tepung ini dimasak dengan santan, gula pasir, dan air hingga menjadi adonan kental. Setelah itu dicetak dalam wadah. Kalau ingin tampilannya cantik biasanya ditambahkan 2-4 pewarna yang berbeda.

Rosakis pun membuat es gabus dengan cara yang serupa. Ia membuat adonan menjadi 4 warna berbeda, ada merah, kuning, biru, dan ungu. Adonan es gabus itu ia masukkan dalam wadah boks bekas susu.

Setelah itu, dimasukkan ke dalam freezer hingga membeku. Saat es gabus sudah siap, Rosakis memotongnya dan melapisinya dengan plastik agar tampilannya mirip dengan yang dijual di Indonesia.

Cewek Korea Bikin Es GabusCewek Korea Bikin Es Gabus Foto: YouTube Rosakis

Baca Juga: 7 Buah dan Sayuran Ini Rasanya Lebih Enak Dipanggang

Ternyata Rosakis sudah pernah mencicipinya saat tinggal di Indonesia. Ia pun membuat es gabus ini untuk bernostalgia mengenang masa kecilnya di Indonesia.

"Jadi teringat masa lalu gitu bernostalgia nggak sih? Kalau nggak salah dulu ini satu aku beli kira-kira Rp 500 di zaman dulu," ujar Rosakis.

Rosakis mencicipi es gabus ini kembali setelah sekian lama. Ia juga mengajak 2 orang temannya yaitu Ye Eun dan Jin Sun.

Saat mencicipinya, teman-teman dari Rosakis menyukainya. Menurut keduanya, es gabus ini mirip es krim tapi rasanya tidak begitu mirip.

"Oh cantiknya!" ujar Jin Sun saat melihat warna dari es gabus.

Cewek Korea Bikin Es GabusCewek Korea Bikin Es Gabus Foto: YouTube Rosakis

"Teksturnya beda dengan es krim. Gimana ya aku jelasin? Benar kayak gabus. Mantap! Tapi enak kok," sahut Ye Eun saat mencicipinya.

Saat Rosakis menjelaskan bahan-bahan yang digunakan, seperti susu dan santan kelapa. Kedua temannya ini juga langsung mengatakan kalau mereka merasakan santan itu.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Anxiety Ini Bisa Kurangi Gejala Rasa Cemas



Simak Video "Es Gabus, Jajanan Tempo Dulu yang Maknyus!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com