Krenyes Renyah! Ini 5 Gorengan Bakwan Versi Mancanegara yang Enak

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 23 Jun 2021 14:30 WIB
Krenyes Renyah! Ini 5 Gorengan Bakwan Versi Mancanegara yang Enak Foto: Site Stock/News
Jakarta -

Gorengan seperti bakwan ternyata tak hanya tersohor di Indonesia saja. Banyak bakwan dari berbagai negara, yang dari tampilan hingga rasanya mirip dengan bakwan lokal.

Krenyes renyah gorengan bakwan, jadi kombinasi ngemil yang pas di pagi hari atau sore hari. Hampir setiap daerah di Indonesia punya nama hingga komposisi bakwan goreng yang berbeda. Begitu juga dengan versi internasionalnya.

Banyak bakwan goreng dari berbagai negara yang memadukan aneka sayuran dengan tepung terigu sampai kentang. Digoreng dengan bentuk mirip bakwan Indonesia.

Salah satunya seperti Tod Man Khao Pod, bakwan goreng khas Thailand dengan tambahan butiran jagung manis yang krenyes gurih. Kemudian ada kolokitthokeftedes, bakwan khas Yunani dengan paduan keju feta ditambah dengan bawang bombay hingga irisan mentimun.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima bakwan goreng versi internasional yang tak kalah enak (22/06).

Baca Juga: Mengintip 5 'Kembaran' Pempek di China hingga Denmark

1. Kolokithokeftedes

Krenyes Renyah! Ini 5 Gorengan Bakwan Versi Mancanegara yang EnakKrenyes Renyah! Ini 5 Gorengan Bakwan Versi Mancanegara yang Enak Foto: Site Stock/News

Di Yunani, ada bakwan yang jadi gorengan favorit di sana. Sekilas tampilannya juga mirip dengan bakwan sayur yang ada di Indonesia. Di Yunani, gorengan ini dikenal dengan nama Kolokithokeftedes. Berasal dari Pulau Crete, tapi sekarang populer jadi hidangan pembuka di semua restoran.

Ciri khas bakwan yang satu ini terletak pada serutan halus zucchini atau mentimiun sebagai pengganti kol dan wortel, seperti bakwan goreng lokal. Selain itu mereka juga menggunakan tepung terigu, telur, dan ada juga yang diberi tambahan keju feta agar rasanya lebih gurih dan lumer saat dimulut.

Selain mentimun, Kolokithokeftedes bisa dicampur dengan daun bawang sesuai selera. Cocolan saus Tzatziki dengan tambahan yogurt dan bawang putihnya, sensasi rasa asam segar dan gurih mantap membuat bakwan ini hits banget di Yunani.

2. Pakora

Krenyes Renyah! Ini 5 Gorengan Bakwan Versi Mancanegara yang EnakKrenyes Renyah! Ini 5 Gorengan Bakwan Versi Mancanegara yang Enak Foto: Site Stock/News

Di India, Pakora jadi bakwan paling hits yang mudah ditemukan di penjual kaki lima. Sebenarnya Pakora berasa dari wilayah Asia Selatan, tapi paling digemari di daerah India. Bentuk dan komposisinya mirip seperti bakwan sayur, bahkan bahan dasarnya juga menggunakan tepung terigu.


Sayurannya cukup lengkap seperti kol, bawang bombay, cabe ijo dan wortel yang diiris tipis. Kemudian ditambahkan dengan lada dan beberapa bumbu rempah khas India, diaduk jadi satu lalu digoreng dalam minyak panas hingga garing.

Teksturnya lebih garing dari bakwan lokal. Karen Pakora ini adonannya lebih tipis dan garing, karena campuran tepung terigunya tidak terlalu banyak. Pakore ini cocok disantap dengan kuah kari hingga cocolan saus lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Cita Rasa Roti Bakar Buatan Pilot dan Bakwan XXL"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com