5 Makanan untuk Anxiety Ini Bisa Kurangi Gejala Rasa Cemas

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 23 Jun 2021 13:30 WIB
5 Makanan untuk Anxiety Ini Bisa Kurangi Gejala Rasa Cemas Foto: iStock
Jakarta -

Rasa cemas atau anxiety sering datang tiba-tiba dan cukup mengganggu. Menurut para, ahli lima makanan untuk anxiety ini dapat membantu atasi kecemasan.

Rasa cemas timbul dari kegelisahan atau pikiran yang terlalu menumpuk dan sulit dikendalikan. Gangguan kecemasan juga dikatakan sebagai salah satu gangguan kesehatan mental yang paling sering dialami oleh seluruh orang di dunia. Bahkan 7,6% dari keseluruhan populasi di dunia dikatakan memiliki gangguan kecemasan yang cukup serius.

Gangguan kecemasan ini ditandai dengan gejala-gejala seperti terlalu mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi atau bahkan merasa pada gugup ketika memikirkan hal-hal baik yang sudah terjadi maupun yang akan datang. Pada banyak kasus bakan gangguan kecemasan membutuhkan perawatan medis untuk mengatasinya.

Sebenarnya ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan seperti latihan teknik pengaturan napas. Tetapi para ahli juga mengatakan bahwa beberapa bahan makanan dapat membantu meredakan gejala kecemasan yang tiba-tiba datang secara alami.

Berikut ini 5 makanan untuk anxiety yang disarankan untuk meredakan kecemasan menurut Healthline (25/5):

5 Makanan untuk Anxiety Ini Bisa Kurangi Gejala Rasa Cemas5 Makanan untuk Anxiety Ini Bisa Kurangi Gejala Rasa Cemas Foto: iStock

1. Salmon

Salmon memiliki kandungan vitamin D serta asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk otak. Nutrisi ini dibutuhkan oleh otak untuk membantu memproduksi dopamin dan serotonin yang diketahui dapat menenangkan dan merelaksasi.

Para ahli juga mengatakan bahwa diet tinggi EPA dan DHA dikaitkan dengan angka kecemasan yang rendah. Asam lemak yang didapatkan melalui EPA dan DHA ini juga diketahui dapat meredakan inflamasi dan mencegah disfungsi sel-sel otak yang seringkali terjadi pada penyintas kecemasan.

Selain itu, nutrisi yang ada pada makanan untuk anxiety ini juga dapat membantu otak untuk beradaptasi dengan perubahan dan pemicu gejala-gejala kecemasan. Bahkan pada penelitian dan meta analisis yang dilakukan di tahun 2020, vitamin D pada salmon juga ditemukan memiliki efek yang positif dalam hal meredakan kecemasan dan gejala depresi.

Baca juga: 7 Makanan Rekomendasi Para Ahli untuk Atasi Kecemasan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resto di Jakarta Ini Sajikan Menu dari Hasil Panen di Kebun Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
dMentor Setop Investasi Bitcoin Cs
d'Mentor Setop Investasi Bitcoin Cs Selengkapnya