5 Kondisi Ini Membuat Orang Tidak Lapar di Pagi Hari

Devi Setya - detikFood Rabu, 23 Jun 2021 06:00 WIB
Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh Foto: iStock

4. Sedang hamil

mual
5 Kondisi Ini Membuat Orang Tidak Lapar di Pagi Hari Foto: iStock

Morning sickness adalah masalah umum yang ditandai dengan mual dan muntah. Kondisi ini dialami sekitar 80% orang yang sedang hamil.

Rasa mual tidak selalu muncul saat pagi, terkadang bisa hadir saat siang, sore ataupun malam hari. Tapi sebagian besar ibu hamil merasakan mual parah ketika pagi hari. Kondisi ini biasanya akan berkurang saat usia kehamilan memasuki 14 minggu.

Morning sickness dapat mengurangi nafsu makan. Faktanya, dalam satu penelitian yang dilakukan pada 2.270 wanita hamil, 34% melaporkan makan lebih sedikit selama awal kehamilan. Selain mual di pagi hari, kehamilan dapat menyebabkan gejala kurangnya rasa lapar. Masalah lain yang juga dialami seperti gangguan pencernaan, kembung, dan terhambatnya daya cerna makanan.

5. Sedang sakit

Kondisi tubuh yang sedang tidak fit sering menyebabkan penurunan nafsu makan dan perasaan lapar. Beberapa penyakit seperti infeksi pernapasan meliputi pilek, flu, dan pneumonia diketahui membuat orang merasa tidak lapar.

Dalam beberapa kasus, infeksi ini juga membatasi indra perasa dan penciuman yang semakin mengurangi nafsu makan. Selain itu, muncul rasa mual dan muntah yang membuat orang semakin enggan mengasup makanan.

Meskipun tak nafsu makan, tapi pastikan tubuh terhidrasi dengan cukup. Konsumsi makanan dengan kandungan air tinggi seperti sup, teh hangat, buah-buahan segar dan sayuran agar proses pemulihan berjalan dengan cepat.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com