Sebaiknya Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Makan Sarapan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 08:00 WIB
Portrait of a casual woman at home eating a healthy breakfast and looking happy - lifestyle concepts Foto: iStock
Jakarta -

Terlihat sepele, tapi rutinitas sebelum makan sarapan ternyata sangat berpengaruh pada hasilnya. Bahkan ada beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan sebelum sarapan.

Tak hanya dari pemilihan makanan untuk sarapan saja yang penting. Ada berbagai pro dan kontra dalam memilih hingga menentukan pola sarapan.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Dicari Orang Kantoran Saat Sarapan


Bukan tanpa alasan mengapa sarapan mendapat perhatian khusus. Menurut banyak penelitian, sarapan diklaim sebagai salah satu menu makanan yang paling penting sepanjang hari.

Selain berguna untuk mendorong energi dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh di pagi hari. Sarapan turut berperan aktif dalam produktivitas harian hingga suasana hati seseorang.

Dilansir dari Eat This Not That (18/06), berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum menyantap sarapan di pagi hari.

1. Olahraga Berat

Person working out at gym during pandemicPerson working out at gym during pandemic Foto: Getty Images/iStockphoto/Adrian Seliga

Banyak orang yang memilih waktu pagi hari untuk melakukan sesi olahraga, baru setelah itu mereka menyantap sarapan. Padahal rutinitas ini sebaiknya tidak dilakukan secara terus menerus.

Orang-orang yang melakukan sesi olahraga berat, atau olahraga yang berhubungan dengan kardio, seharusnya melakukannya dengan perut yang sudah terisi makanan. Karena sarapan ini bisa menambah banyak manfaat tubuh saat berolahraga.

Bahkan menurut Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. Mereka menemukan adanya kaitan antara konsumsi sarapan kaya karbohidrat, dengan meningkatnya performa atlet saat sesi olahraga dan latihan.

2. Membuat Keputusan Besar

Young woman holding menstruation calendar serious face thinking about question, very confused ideaYoung woman holding menstruation calendar serious face thinking about question, very confused idea Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat

Mungkin sekilas terlihat tidak berkaitan antara makan sarapan dan mengambil keputusan besar. Tapi dari jurnal penelitian yang diterbitkan Psychonomic Bulletin & Review, mereka menemukan adanya perbedaan yang mendasar.

Perbedaan pengambilan keputusan ini ternyata berkaitan erat dengan sarapan. Orang-orang yang mengambil keputusan besar usai sarapan, cenderung lebih bijak, berhati-hati dan tidak gegabah. Dibandingkan mereka yang mengambil keputusan dalam keadaan lapar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Icip-icip Sandwich Subway di Citos"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com