5 Kondisi Ini Membuat Orang Tidak Lapar di Pagi Hari

Devi Setya - detikFood
Rabu, 23 Jun 2021 06:00 WIB
Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh
Foto: iStock

2. Perubahan hormon


Saat kamu tidur, beberapa hormon dalam tubuh berubah secara alami. Hal ini juga bisa mempengaruhi nafsu makan seseorang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar epinefrin, juga dikenal sebagai adrenalin, cenderung lebih tinggi di pagi hari. Diyakini bahwa hormon ini menekan nafsu makan dengan memperlambat gerakan pengosongan perut dan meningkatkan pemecahan karbohidrat yang disimpan di hati dan otot. Sisa nutrisi ini dijadikan bahan bakar atau energi tubuh.

Sementara penelitian lainnya menunjukkan kadar ghrelin, hormon yang mempengaruhi rasa lapar, lebih rendah di pagi hari daripada malam hari. Ini juga bisa menjadi alasan kenapa kamu merasa kurang lapar saat bangun tidur.

3. Sedang merasa cemas atau depresi

Perasaan cemas dan depresi dapat secara signifikan memengaruhi tingkat rasa lapar seseorang. Di samping itu, perasaan cemas ini juga mempengaruhi gangguan tidur, membuat merasa lelah, hingga perubahan nafsu makan.

Orang yang mengalami stres akan kehilangan nafsu makannya atau justru mengalami peningkatan nafsu makan. Beberapa penelitian menemukan bahwa kondisi ini juga bisa berdampak pada peningkatan nafsu makan.



Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]