5 Kondisi Ini Membuat Orang Tidak Lapar di Pagi Hari

Devi Setya - detikFood Rabu, 23 Jun 2021 06:00 WIB
Makan Terlalu Banyak? Ini 5 Cara Alami untuk Bantu Detoks Tubuh Foto: iStock
Jakarta -

Para ahli gizi menyarankan orang untuk makan sarapan agar tubuh memiliki energi. Tapi ada beberapa orang yang tak nafsu makan dan cenderung tak merasa lapar di pagi hari.

Sebagian orang akan langsung mencari makanan saat pagi hari, namun sebagian lainnya justru sama sekali tak lapar dan ogah makan. Ada kondisi dimana perut tidak merasakan lapar meskipun selama semalaman tidak mengasup makanan.

Perut yang lapar saat pagi dianggap normal karena makanan yang diasup sehari sebelumnya, sudah pasti dicerna oleh tubuh. Jadi tubuh mengirimkan sinyal ke otak yang membuat seseorang tergerak untuk mencari makanan.

Dilansir dari Healthline (22/6) ternyata tidak semua orang merasakan lapar ketika pagi hari. Ada orang-orang yang tak nafsu makan saat pagi.

Berikut lima kondisi yang membuat orang tak merasa lapar di pagi hari.

1. Makan malam terlalu banyak

Kenapa makan banyak tapi gak gendut?
5 Kondisi Ini Membuat Orang Tidak Lapar di Pagi Hari Foto: iStock

Salah satu alasan utama mengapa kamu tidak merasa lapar saat bangun tidur adalah karena makan malam atau ngemil dalam jumlah banyak pada malam sebelumnya. Makanan yang belum sepenuhnya tercerna ini membuat perut masih merasa kenyang.

Hal ini semakin berpengaruh ketika kamu makan makanan tinggi lemak atau protein. Makronutrien dalam makanan ini dapat memperlambat pengosongan perut dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, bahkan hingga keesokan paginya.

Makanan tinggi protein juga secara signifikan mengubah kadar hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan. Hormon ghrelin, glukagon-like peptide-1, peptide YY, dan cholecystokinin merupakan hormon dalam tubuh yang mempengaruhi rasa lapar atau kenyang.

Demikian pula untuk makanan berlemak tinggi yang dapat mengubah kadar hormon tertentu yang terkait dengan nafsu makan dan perasaan kenyang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com