Ulang Tahun Jakarta ke-494, Ini 5 Jajanan Betawi yang Mulai Langka

ADVERTISEMENT

Ulang Tahun Jakarta ke-494, Ini 5 Jajanan Betawi yang Mulai Langka

Devi Setya - detikFood
Selasa, 22 Jun 2021 11:00 WIB
Roti gambang
Foto: iStock

4. Kue Sengkulun


Tak banyak yang tahu kue sengkulun karena memang sudah sangat langka keberadaannya. Kue khas Betawi ini juga populer dengan sebutan kue sengkolon atau kue jando berias.

Kue ini terbuat dari bahan utama tepung ketan. Teksturnya empuk kenyal namun berbintil kasar. Kue ini kerap diberi sedikit pewarna merah muda jadi menghasilkan paduan warna putih dan merah muda.

Ukuran asli kue ini bundar besar, biasanya dijadikan hantaran pada pesta pernikahan masyarakat Betawi. Kini kue sengkulun sulit ditemui, hanya toko kue tradisional yang terkadang masih menyediakan kue ini.

5. Kue rangi

kue rangi di ragunanUlang Tahun Jakarta ke-494, Ini 5 Jajanan Betawi yang Mulai Langka Foto: Detikfood


Pedagang kue rangi masih mudah dijumpai di era tahun 1990-an. Kini penjualnya mulai langka dan agak sulit dijumpai. Kue rangi atau sagu rangi terbuat dari campuran sagu dan kelapa parut. Adonan ini kemudian dipanggang dalam cetakan khusus.

Disajikan dengan saus gula merah yang kental. Kue rangi masih punya banyak penggemar beberapa penjualnya bisa dijumpai di jalan. Salah satu kendala yang dihadapi para penjual kue rangi adalah bahan bakar untuk memasak kue rangi berupa kayu bakar yang mulai sulit didapatkan.



Simak Video "Kue Rangi Kekinian Warna-warni dengan Topping Es Krim"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT