Selain Kerak Telor, Kuliner Khas Jakarta Ini Juga Wajib Dicoba!

Inkana Putri - detikFood Selasa, 23 Jun 2020 10:55 WIB
Asinan Jakarta Foto: Shutterstock
Jakarta -

Selain menjadi Kota Metropolitan, Jakarta juga menyimpan segudang kuliner legendaris yang lezat dan unik. Berbicara mengenai kuliner Jakarta, banyak orang biasanya lebih sering mengaitkan dengan kerak telor. Kuliner yang satu ini memang seakan menjadi ikon tersendiri bagi Kota Jakarta. Padahal, masih banyak lagi kuliner khas lainnya yang tak kalah enak dan menggugah lidah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 kuliner khas ibu kota yang wajib dicoba saat singgah di Jakarta.

Soto Betawi

Kalau di Jawa Timur ada soto lamongan yang legendaris, di Jakarta kamu juga bisa coba soto betawi khas Jakarta. Soto dengan isian daging, tomat segar, kentang, dan emping yang disiram dengan kuah kental yang nikmat, wajib masuk daftar kulineran selama berada di Jakarta. Dipadukan dengan nasi hangat dan perasan jeruk nipis, soto betawi cocok untuk dijadikan teman makan siang.

Asinan Betawi

Di Jakarta, kamu juga bisa temukan kuliner segar yaitu asinan betawi. Kuliner yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang merupakan vegetarian. Layaknya salad, asinan betawi terdiri dari aneka sayuran seperti sawi, kol, wortel, tauge, dan selada. Biasanya, asinan betawi juga dilengkapi dengan tahu putih, kacang tanah, dan kerupuk kuning untuk menambah rasa gurih pada asinan. Saus kacang dengan campuran cuka dan cabai di atasnya juga tentu menambah kelezatan asinan betawi.

Kue Rangi

Selain makanan berat, Jakarta juga menghadirkan berbagai camilan unik, salah satunya yaitu kue rangi. Camilan yang satu ini terbuat dari tepung beras dan parutan kelapa. Biasanya kue rangi dimasak dengan cara dipanggang pada cetakan dengan bara api atau arang. Saus gula merah yang kental dan manis menambah kelezatan cita rasa kue rangi.

Ketoprak

Jakarta memang terkenal dengan aneka kuliner dengan saus kacang di atasnya. Selain karedok dan gado-gado, ketoprak menjadi sajian kuliner berbumbu kacang yang juga wajib dicoba. Ketoprak hampir mudah sekali ditemukan di Jakarta, bahkan di malam hari. Paduan ketupat, bihun, tauge, tahu putih dengan bumbu kacang memang sangat menggugah selera.

Es Selendang Mayang

Ingin yang seger-seger? Kamu juga wajib coba kuliner es yang satu ini. Es selendang mayang merupakan minuman yang terbuat dari hunkwe yang dipadukan kuah santan, es dan sirup merah manis. Jika dilihat sekilas, es selendang mayang memang terlihat seperti agar-agar. Namun, rasa yang dihadirkan es ini tentunya berbeda dari es biasanya.

Nah itu dia kelima kuliner khas Jakarta yang wajib kamu coba. Biasanya, kuliner tersebut bisa kamu coba di event Pekan Raya Jakarta. Namun, saat ini kamu bisa coba kuliner tersebut dengan di rumah saja. GrabFood menghadirkan Pesta Makan Jakarta dengan diskon khusus untuk menu-menu terfavorit. Selain itu, kamu juga bisa dapatkan diskon tambahan berupa diskon ongkir. Jangan sampai ketinggalan, yuk segera coba kuliner khas Jakarta favorit kamu. Promo ini berlaku sepanjang hari hingga 23 Juni 2020 dengan pembayaran menggunakan OVO.

(prf/ega)