Sate Kaki Lima

Sate Lemak Susu Sapi dan Sate Tahu Jamur Ini Jadi Buruan karena Rasanya

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 12:30 WIB
Sate Lemak Susu Sapi dan Sate Tahu Jamur Ini Jadi Buruan karena Rasanya Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima

3. Sate Kambing Tali Roso

Sate Lemak Susu Sapi dan Sate Tahu Jamur Ini Jadi Buruan karena RasanyaFoto: Istimewa

Warung sate ini punya salah satu menu andalan yang membuatnya begitu santer bagi para wisatawan maupun warga lokal di Klaten. Sate Kambing Tali Roso atau biasa dikenal dengan 'Sate Brutal' punya porsi yang sama brutal dengan namanya.

Menyajikan potongan daging kambing yang ditusuk pada tangkai besi berukuran 30 centimeter daya tariknya menjadi yang selalu diburu oleh banyak orang. Saking banyak warung sate ini bahkan membutuhkan hingga tiga sampai enam ekor kambing ketika akhir pekan datang.

Berlokasi di kawasan Pasar Wedi, Jalan Raya Bendogantungan-Bayat, Klaten, warung sate yang buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 ini selalu ramai dioenuhi oleh para pelanggannya. Warung sate yang telah ada sejak tahun 1990-an ini mematok harga sebesar Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu untuk setusuk sate berukuran 30 centimeter.

4. Sate Klathak

Sate Klathak Pak PongFoto: Armando Aditya/d'traveler

Sekilas sate kambing khas Bantul, Yogyakarta ini memang sama dengan sate kambing kebanyakan. Namun perbedaan sate klathak ada pada penggunaan tusuk sate yang menggunakan jeruji sepeda.

Nama 'klathak' diambil dari proses pembakaran sate yang konon akan mengeluarkan bunyi 'klathak' saat proses pembakaran di atas arang. Warga lokal setempat dan para wisatawan selalu datang dan memenuhi gerai sate klathak ini.

Di daerah asalnya, sate klathak tersedia di banyak warung sate, mulai dari Sate Klathak Pak Pong, Pak Jede, Jupaini dan masih banyak yang lainnya. Umumnya sate klathak dibanderol mulai dari Rp 20 ribu sudah lengkap dengan sate, bumbu kecap pedas dan sambal yang mantap rasanya.

5. Sate Tahu dan Jamur

Barbecue cooking or Mala with pork, ham and mushroom on portable stove, Thailand street food.Foto: iStock

Di Caruban, salah satu wilayah di Madiun, Jawa Timur, ada sebuah sate yang begitu terkenal karena penggunaan bahannya yang berbeda dengan sate biasa. Jika biasanya sate terbuat dari olahan daging atau bahan hewani, di sini sate dibuat dari tahu dan jamur.

Sate tahu dan jamur menjadi makanan khas Caruban yang tidak boleh dilewatkan setelah pecel jika sedang berkunjung ke Madiun. Sate tahu dan jamur ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi para pelaku vegetarian karena benar-benar menggunakan 100% bahan nabati.

Menggunakan jamur berjenis jamur tiram, warung sate tahu dan jamur di daerah Caruban ini akan sangat mudah ditemukan dan berjejer di pinggir jalan. Harga yang dibanderol untuk sate tahu dan jamur jauh lebih terjangkau bahkan dikatakan dapat dijadikan alternatif dari sate kambing yang mahal.

Baca juga: Sate Diperkenalkan Pedagang Muslim India dan Arab pada Abad 19

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(dfl/adr)
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com