5 Cara Ampuh Hilangkan Panas di Tangan Setelah Terkena Cabai

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 12 Jun 2021 11:00 WIB
5 Cara Ampuh Hilangkan Panas di Tangan Setelah Terkena Cabai Foto: Getty Images/iStockphoto/Geo-grafika
Jakarta -

Penggemar pedas tak asing dengan sensasi tangan panas usai terkena cabai atau makan sambal. Ada cara ampuh hilangkan panas di tangan dengan bahan-bahan alami.

Setelah memegang cabai atau makan sambal, tangan kerap terasa panas sampai-sampai seperti terbakar. Rasa tak nyaman ini timbul akibat minyak dan capsaicin pada cabai yang mengenai tangan.

Untuk mengatasinya, mencuci tangan dengan sabun atau di bawah air mengalir saja tidak cukup. Ada cara hilangkan panas di tangan karena cabai yang bisa kamu coba.

Cara ini menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur sehingga kamu tidak perlu repot mencarinya. Dikutip dari The Kitchn (12/6), berikut cara hilangkan panas di tangan setelah makan cabai.

1. Minyak

Minyak sayur dan minyak zaitun bantu melarutkan minyak cabai yang panas. Beberapa orang menyarankan untuk menggosok tangan dengan sedikit minyak sebelum memegang atau mengolah cabai. Pastikan hanya mengolesi minyak sedikit saja karena jika terlalu banyak akan membuat tangan kamu licin dan kesulitan memegang alat dapur.

Baca Juga: 6 Cara Mengusir Kecoak dengan Bahan Alami, Pakai Bumbu Dapur Ini!

2. Sabun cuci piring

5 Cara Ampuh Hilangkan Panas di Tangan Setelah Terkena Cabai5 Cara Ampuh Hilangkan Panas di Tangan Setelah Terkena Cabai Foto: Getty Images/iStockphoto/Geo-grafika

Cara hilangkan panas di tangan karena cabai juga bisa menggunakan larutan sabun. Namun bukan sabun cuci tangan biasa, melainkan sabun cuci piring. Kandungan sabun ini disebut-sebut lebih ampuh untuk melarutkan minyak, termasuk yang ada pada cabai.

3. Susu atau yogurt

Susu atau yogurt biasanya dimakan saat sarapan, namun dua produk olahan susu ini juga efektif menghilangkan sensasi panas dan terbakar pada tangan gegara cabai. Teorinya adalah capsaicin pada cabai lebih mudah larut dalam lemak dan minyak dibanding air.

Kamu hanya perlu merendam tangan dalam susu atau yogurt. Lakukan hal ini sampai sensasi tangan terbakarnya berhenti.

Baca Juga: 20 Tips Menghemat Waktu Memasak di Dapur dari Chef, Contek Yuk!

4. Pasta soda kue

5 Cara Ampuh Hilangkan Panas di Tangan Setelah Terkena Cabai5 Cara Ampuh Hilangkan Panas di Tangan Setelah Terkena Cabai Foto: Getty Images/iStockphoto/Geo-grafika

Soda kue punya peranan penting di dapur. Selain menjadi bahan campuran kue, baking soda juga diandalkan untuk keperluan membersihkan dapur. Urusan tangan panas dan pedas juga bisa diatasi dengan baking soda.

Buat pasta dari campuran soda kue dan air. Baluri campuran ini langsung ke seluruh tangan. Biarkan hingga kering kemudian bilas bersih.

5. Pakai pasta gigi

Cara ampuh lain untuk hilangkan panas di tangan setelah kena cabai adalah dengan pasta gigi. Kamu hanya perlu cuci tangan dengan sabun hingga bersih, lalu oleskan sedikit pasta gigi ke kedua telapak tangan.

Diamkan pasta gigi tersebut selama 5 menit, lalu gosok-gosok dan bilas tangan dengan air hingga bersih. Cara ini tak hanya bisa menghilangkan panas akibat cabai, tapi juga menyingkirkan bau tak sedap dari terasi.

Baca Juga: 7 Cara Mengusir Semut dengan Mudah Pakai Bahan Alami

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com