7 Cara Mengusir Semut dengan Mudah Pakai Bahan Alami

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 11 Jun 2021 10:30 WIB
7 Cara Mengusir Semut dengan Mudah Pakai Bahan Alami Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula
Jakarta -

Semut sering kali berkeliaran di dapur, meja makan, hingga ruangan lain dalam rumah. Berikut cara mengusir semut yang mudah dengan memakai bahan-bahan alami.

Semut termasuk serangga yang sering mengganggu aktivitas di dapur dan meja makan. Pasalnya semut datang bergerombol dan menggerogoti stok makanan manis yang ada.

Meski makanan manis sudah disembunyikan, semut ternyata punya kemampuan untuk menemukan keberadaan makanan tersebut. Mengusir semut ada tipsnya agar efektif dan tidak memerlukan bahan kimia.

Food NDTV (10/6) merangkum informasi soal 7 cara mengusir semut dengan mudah pakai bahan alami:

1. Lemon

7 Cara Mengusir Semut dengan Mudah Pakai Bahan Alami7 Cara Mengusir Semut dengan Mudah Pakai Bahan Alami Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula

Bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan, lemon juga jadi bahan alami yang ampuh mengusir semut. Coba peras air lemon atau taruh kulit lemon di tempat-tempat semut masuk.

Cara lain adalah mengepel lantai rumah dengan cairan pel yang ditambahkan sedikit perasan air lemon. Semut membenci bau lemon sehingga mereka akan menghindari sumbernya.

2. Merica

Semut sangat suka gula dan benci merica. Menaburi area-area yang banyak semut dengan merica bubuk bisa jadi solusi alami mengusir semut dari rumah.

Kalau ada bubuk merica hitam lebih bagus lagi karena baunya lebih tidak disukai semut. Cara lain adalah membuat campuran air dengan bubuk merica lalu semprotkan di area yang banyak semutnya.

Merica tidak akan membunuh semut, tetapi membuat semut kapok kembali ke tempat tersebut. Pastikan kamu membersihkan lebih dulu area yang ingin disemprot cairan merica.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com