Sejarah Bakcang Day, Berawal dari Tragisnya Kematian Pejabat Favorit China

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 11 Jun 2021 13:30 WIB
Sejarah Bakcang Day, Berawal dari Tragisnya Kematian Pejabat Favorit China Foto: iStock

Tuduhan tersebut membuat Qu Yuan dikucilkan dan diasingkan dari area pemerintahan Negara Chu. Ketika Qu Yuan diasingkan, Negara Chu mendapatkan serangan dari Negara Qin. Absennya Qu Yuan menjadi salah satu dari sekian penyebab kekalahan Negara Chu.

Setelah mendengar kekalahan Negara Chu dari Negara Qin, Qu Yuan merasa semakin malu dan bersalah. Qu Yuan memutuskan untuk menenggelamkan dirinya di sungai Miluo.

Mengetahui kabar bahwa pejabat kesayangan mereka telah gugur karena menenggelamkan dirinya ke sungai Miluo, masyarakat di Negara Chu beramai-ramai mendatangi sungai tersebut untuk mencari tubuh Qu Yuan. Saat mencari tubuh Qu Yuan yang tenggelam, masyarakat Negara Chu menggunakan perahu naga dengan tabuhan drum yang bising serta melemparkan kue beras ke dalam air dengan tujuan mengusir roh-roh jahat agar tidak menganggu jasad Qu Yuan.

Beras atau ketan dan angka 5 sendiri memiliki arti yang baik atau keberuntungan dalam kepercayaan tradisi Cina. Bentuk bakcang yang kerucut juga melambangkan kelancaran rezeki dan keberkahan serta berbagai kesejahteraan yang akan datang dalam kehidupan.

Sejarah Bakcang Day, Berawal dari Tragisnya Kematian Pejabat Favorit ChinaSejarah Bakcang Day, Berawal dari Tragisnya Kematian Pejabat Favorit China Foto: detikfood/Diah Afrilian

Jika pada masa lampaubakcang akan dilemparkan ke sungaiMiluo, masyarakat Cina di seluruh dunia kini merayakan HariBakcang dengan makanbakcang. Makanbakcang di tanggal 5 bulan 5 menurut penanggalan Cina dipercaya sebagai lambang kemuliaan untuk memperingati gugurnya Qu Yuan yang juga bersifat mulia.

Di Indonesia sendiri, salah satu restoran juga ikut merayakan Bakcang Day dengan bakcang yang terbuat dari bahan bakpao. Menyajikan bakpao bakcang menjadi cara yang dilakukan oleh Imperial Kitchen&Dimsum, Imperial Tables, The Yumz serta Happy Day. Keempat restoran ini mengajak para pengunjungnya untuk ikut memperingati gugurnya Qu Yuan tokoh yang mulia dalam kepercayaan Cina tersebut.

"Sebelumnya kita selalu menghadirkan bakcang secara khusus di Bakcang Day. Tahun ini menjadi tahun pertama kita menyajikan bakcang yang terbuat dari bakpao untuk memperingati tokoh Qu Yuan ini," kata Joko selaku chef di Imperial Kitchen&Dimsum.

Baca juga: Exclusive: Pesta Bakcang Asia

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Sate Tegal Laka-laka Favorit Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com