Dua Varian Bakcang Spesial Untuk Sambut Dragon Boat Festival

- detikFood Jumat, 07 Jun 2013 10:34 WIB
Foto: Paradise Dynasty / DetikFood
Jakarta - Perayaan Dragon Boat Festival, pastilah tidak lengkap tanpa menyantap hidangan bakcang istimewa. Hidangan yang terbuat dari ketan berbungkus daun bambu ini diracik dengan bumbu khas dan campuran bahan pilihan.

Dragon Boat Festival sendiri dikenal di Indonesia sebagai Pesta Perahu Naga yang jatuh pada hari kelima bulan kelima sesuai kalender China. Festival ini dibuat untuk mengenang jasa seorang penyair pada masa dinasti Chiu yang tewas bunuh diri.

Karena tidak menemukan jasadnya, para warga disana melemparkan nasi berbungkus daun ke sungai tempat ia bunuh diri supaya jasadnya tidak dimakan ikan. Hal ini yang menjadi awal terciptanya makanan khas Dragon Boat Festival yaitu bakcang atau zongzi.

Untuk merayakan Dragon Boat Festival yang tahun ini akan jatuh pada tanggal 12 Juni 2013, jaringan restoran Paradise Dynasty dan Paradise Inn akan menghadirkan hidangan bakcang istimewa untuk Anda dan keluarga. Menu ini hadir dengan dua pilihan yaitu Original Style dan XO Sauce dengan kuning telur asin yang masing-masing dihargai Rp 98.000.

Menu bakcang Original Style yang mempunyai berat kira-kira 500 gram ini terbuat dari beras ketan yang dicampurkan dengan jamur hioko, lakji, pork, pork belly, lapchiong (pork sausage), biji lotus, kuning telur asin, mung bean, dan ebi. Tekstur lembut ketan dan semburat manis gurih dari ebi sangat terasa.

Sementara bakcang XO Sauce terbuat dari bahan yang hampir sama dengan original style. Bedanya lapisan saus XO yang berada di tengah lapisan ketan. Rasa gurih pedas dari saus yang terbuat dari campuran udang kering, cabai, bawang putih, dan bawang bombay menyempurnakan rasa manis legit dari ketan.

Kedua pilihan bakcang yang berukuran kira-kira 12x7 cm ini dibungkus dengan daun bambu di dalam dan daun teratai di luar, setelah itu dikukus selama delapan jam. "Bungkusan daun teratai ini untuk memberikan sentuhan aroma wangi khas dan disana (China) biasanya memang sering dipakai untuk obat-obatan," tutur Chef Lai Sow Keong kepada DetikFood.

Hidangan bakcang ini hanya ada dalam periode waktu 29 Meil-16 Juni 2013 dan saat ini terdapat promo buy 2 get 1 free. Untuk Anda yang tidak ingin repot, menu bakcang ini bisa diantarkan ke alamat Anda, cukup telpon 021-500559, dengan ketentuan jarak sekitar 5 km dari cabang Paradise Dynasty dan Dynasty Inn terdekat dan minimal pembelian Rp 100.000.

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com