Ayam Goreng & Bakar Kaki Lima

Dijual di Warung Kaki Lima Tapi Kelezatannya Boleh Diadu

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 07 Jun 2021 18:30 WIB
Ayam Cipo Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Ayam goreng dan bakar jadi favorit banyak orang. Banyak dijual di warung kaki lima yang justru terkenal kelezatannya. Makanya selalu diantre pembeli.

Sajian ayam khas Indonesia tak hanya ayam goreng saja. Ada pecel ayam, ayam penyet, ayam bakar kecap hingga ayam bakar taliwang khas Lombok yang sedap rasanya.

Banyak juga warung kaki lima di pinggir jalan yang menawarkan ragam ayam goreng dan ayam bakar enak. Kamu bisa puas makan nasi dengan lauk ayam goreng atau ayam bakar plus sambal dadak yang sedap. Biasanya warung ayam goreng dan bakar ini menawarkan harga yang ramah dikantong.

Seperti pecel ayam khas Lamongan, Jawa Timur yang banyak menyebar di seluruh penjuru Jakarta dan sekitarnya. Warung makannya hanya berupa warung tenda dan biasanya buka sejak sore hari hingga tengah malam.

Ayam Goreng Kaki LimaAyam Goreng Kaki Lima Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra

Baca Juga: Simulasikan Kondisi Jasad dalam Kubur, Netizen Ini Kubur Daging 7 Hari

Pecel ayam khas Lamongan ini memiliki rasa ayam yang gurih nikmat. Seporsinya akan dipadukan dengan lalapan segar dan sambal yang sedap. Biasanya racikan sambalnya menggunakan tomat yang dicampurkan terasi dan gula jawa.

Banyak tempat makan pecel ayam nikmat di Jakarta. Beberapa di antaranya yang populer adalah Pecel Lamongan Permata Mubarok dan Pecel Ayam Rawasari.

Ayam penyet dengan sambal pedas nampol juga tak kalah digandrungi pecinta ayam goreng. Biasanya disajikan dengan sambal bawang yang terbuat dari cabai rawit merah. Namun, belakangan banyak warung ayam penyet yang menggunkan cabai rawit hijau untuk sambalnya.

RM Ampera 2 Tak  : Prasmanan Khas Sunda yang Enak dan Murahayam penyet Foto: detikFood

Seperti Ayam Sambal Ijo yang belakangan viral di media sosial. Ayam Penyet Sambel Ijo Aa Sipit yang berlokasi di pusat kuliner samping Grand Indonesia banyak diburu. Kabarnya, warung ayam penyet ini bisa habiskan hingga 150 ekor ayam.

Yang sedang hits, sayap ayam bakar ala Malaysia juga jadi tren di Indonesia. Sayap ayam panggang ini diolah dengan bumbu madu, rempah dan cabe hingga rasanya pedas, manis dan gurih. Tampilannya mirip seperti yang ada di kartun Upin Ipin.

Baca Juga: YouTuber Ini Cicip Makanan dari Vending Machine Selama 24 Jam

Ayam goreng tepung atau fried chicken ala restoran siap saji juga banyak yang ditawarkan oleh pedagang kaki lima. Rasanya tentu saja tak kalah enak dengan restoran ayam goreng internasional, bahkan harganya jauh lebih murah.

Ayam Goreng Buttermilk ala Amerikafried chicken foto: dok.detikFood

Fried chicken yang viral ada di Yogyakarta, yaitu Yunus Fried Chicken. Warung kaki lima ini setiap harinya menjual ratusan ekor ayam goreng tepung dengan harga yang terjangkau.

Selama satu pekan ini, detikFood juga akan memberikan rekomendasi tempat makan ayam goreng enak di beberapa daerah. Seperti di Bandung, Bogor, dan Yogyakarta yang banyak dikunjungi untuk berlibur.

Ayam Bakar Pedas ManisAyam Bakar Pedas Manis Foto: iStock

Rekomendasi ayam bakar kecap hingga ayam bakar taliwang khas Lombok juga banyak ditawarkan oleh pedagang kaki lima. Buat penggemarnya, tak perlu khawatir karena kami akan memberikan rekomendasinya.

Agar tidak kelewatan rekomendasi tempat makan ayam goreng dan ayam bakar kaki lima enak lainnya, pantau terus detikFood ya!

Baca Juga: 5 Resep Makanan Warteg Nikmat yang Gampang Kamu Contek



Simak Video "Bikin Laper: Kulit Ayam Goreng Krispi ala Dimas Beck"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com