ADVERTISEMENT

5 Cara Bersihkan Rice Cooker Supaya Awet dan Optimal Fungsinya

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 05 Jun 2021 07:00 WIB
kitchen equipment; Automatic rice cooker gray.
iStock

3. Membersihkan Bagian Dalam

ilustrasi rice cookerFoto: iStock

Menggunakan handuk atau lap basah menjadi alat terbaik untuk membersihkan bagian dalam rice cooker. Handuk atau lap basah dapat memudahkan untuk mengangkat kotoran yang tersisa di bagian dalam rice cooker.

Tetapi pastikan lap yang digunakan tidak terlalu basah atau dalam keadaan lembab saja. Namun untuk kotoran yang cenderung menempel atau berkerak, membersihkannya dengan kertas menjadi cara yang lebih mudah untuk merontokannya.

Dibandingkan dengan menggunakan benda berbahan besi, kertas lebih aman karena tidak akan merusak lapisan rice cooker. Cukup remas kertas menjadi berbentuk bola, kemudian gosokan perlahan hingga kotoran atau kerak yang menempel terlepas sedikit demi sedikit.

Baca juga: 5 Tips Mudah Bersihkan Kerak Panci Membandel, Pakai Cuka hingga Soda!

4. Membersihkan Noda Pada Bagian Dalam

Untuk membersihkan noda pada bagian luar rice cooker, cairan pembersih memang menjadi jawaban yang paling ampuh. Tetapi cairan pembersih tidak bisa sembarangan digunakan untuk membersihkan noda di bagian dalam rice cooker.

Lap yang lembab akan lebih cocok jika digunakan untuk membersihkan rice cooker bagian dalam. Noda-noda di bagian dalam rice cooker hanya boleh dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih jika benar-benar sangat sulit untuk dihilangkan.

Jangan lupa juga untuk mengecek noda yang menempel pada bagian kabel. Walaupun terkesan tidak begitu penting, kebersihan kabel juga masih termasuk ke dalam kebersihan rice cooker.

5. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

ilustrasi rice cookerFoto: iStock

Bau tidak sedap yang menempel pada rice cooker biasanya ditimbulkan oleh sisa nasi yang ada di dalamnya. Walaupun sisa nasi tersebut sudah dikeluarkan tetapi baunya tidak akan hilang dengan cepat bahkan dalam hitungan hari.

Cuka dan air menjadi senjata yang paling ampuh untuk mengatasi bau tidak sedap ini. Cukup dengan menyampurkan 250 militer cuka dengan 750 mililiter air dan masukkan ke dalam rice cooker. Nyalakan rice cooker hingga air cuka mendidih, biarkan mendingin, buang air cuka dan bilas hingga bersih.

Baca juga: Yuk, Bersihkan Rice Cooker Agar Tetap Higienis!



Simak Video "Segarnya Aneka Dessert Kelapa Muda di Food Street PIK"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT