Bajingan yang Satu Ini Rasanya Manis dan Enak

Eko Susanto - detikFood Sabtu, 29 Mei 2021 19:30 WIB
Bajingan yang Ini Rasanya Manis dan Enak Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang -

Bajingan bukan umpatan karena orang marah dan berkata kotor. Tetapi nama salah satu panganan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Adapun bajingan ini terbuat dengan bahan baku singkong. Proses pembuatannya juga mudah. Pertama singkong dikupas dan dicuci bersih, terus dipotong-potong sesuai selera ukurannya.

Salah satu pembuat makanan bajingan ini bisa ditemukan di Dusun Kalisari Kalikaweng, Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Di tempat ini prosesnya setelah singkong dikupas, kemudian badek atau nira direbus hingga mendidih.

Setelah badek mendidih, kemudian singkong dimasukkan untuk direbus hingga badek menyusut habis. Setelah singkong empuk, diangkat. Rasanya manis serta enak sekali.

Proses pembuatan ini telah dilakukan secara turun temurun, bahkan pembuat sekarang tidak mengetahui cerita asal usul eanganan itu diberi nama bajingan.

Bajingan yang Ini Rasanya Manis dan EnakBajingan yang Ini Rasanya Manis dan Enak Foto: Eko Susanto/detikcom



"Kalau ceritanya saya nggak tahu. Dulu kami buat untuk dijual di Si Bungkel (tempat wisata), tapi karena sepi terus dijual online," kata Desi Nugraini saat ditemui di sela-sela membuat bajingan, Sabtu (29/5/2021).

Penjualan online dilakukan Desi melalui Whatsapp maupun di facebook.

Untuk penyajian, disajikan secara langsung dalam bentuk rebusan. Kemudian, bajingan ada juga yang digoreng. Untuk yang digoreng juga masih terasa manis.

"Yang digoreng ya manis juga," tutur dia.

Bajingan yang Ini Rasanya Manis dan EnakBajingan yang Ini Rasanya Manis dan Enak Foto: Eko Susanto/detikcom



Sementara itu, Kades Margoyoso, Adidaya Perdana menambahkan, bajingan merupakan sebuah makanan yang terbuat dari singkong.

"Bajingan adalah sebuah makanan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon," ujar Adi.

Menurut Adi, wilayah Desa Margoyoso merupakan salah satu penghasil gula Jawa. Kemudian, seiring perkembangan zaman, bajingan menjadi oleh-oleh.

"Margoyoso juga penghasil gula Jawa. Dari penghasil gula Jawa itu akhirnya berkembang untuk menjadi makanan di Margoyoso sejak dahulu.Sekarang bajingan sudah berubah untuk menjamu tamu, klangenan dan oleh-oleh," ujarnya.



Simak Video "Pepes Bluluk, Cita Rasa Pepes Tak Biasa dari Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com