Peler Bedebu, Kue Lembek Favorit Masyarakat Kepulauan Seribu

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Des 2019 18:30 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Namanya yang unik membuat banyak orang penasaran dengan rasanya. Kue peler bedebu jadi makanan khas Kepulauan Seribu, Jakarta. Seperti apa bentuk dan rasanya?

Mendengar namanya sekilas tentu bikin dahi berkerut. Ya, kue ini memang punya sebutan yang unik dan cenderung terdengar jorok. Padahal kue satu ini punya rasa yang enak.

Kue peler bedebu ini mencuat setelah akun instagram @ndorobeii mengunggah foto dan nama kue ini. Akun ini juga menjelaskan secara singkat soal bahan baku yang digunakan untuk membuat kue peler bedebu ini.
Peler Bedebu, Kue Lembek Favorit Masyarakat Kepulauan SeribuFoto: istimewa

Baca juga : Gurih Harum 'Memek', Jajanan Khas Simeulue dari Ketan dan Pisang

Ternyata kue ini punya ciri yang sama dengan kue klepon. Bahan baku utama untuk membuat kue ini adalah ubi yang ditumbuk lalu dicampur tepung sagu. Adonan ini kemudian diisi dengan gula merah dan dimasak dengan cara dikukus hingga matang.

Setelah matang kue ini diberi taburan kelapa parut. Meski baru viral sekarang, kue ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan sudah jadi salah satu makanan tradisional masyarakat Kepulauan Seribu.

Kue peler bedebu disebut-sebut sudah ada sejak tahun 1970-an. Nama kue ini kabarnya berasal dari candaan masyarakat yang melihat bentuk dan tekstur kue yang lembek serta ditutupi taburan ampas kelapa.
Peler Bedebu, Kue Lembek Favorit Masyarakat Kepulauan SeribuFoto: istimewa

"Ini beneran namanya? Ih nggak jadi laper ini mah," komentar satu netizen.

"Lah di Jogja ada kue namanya tolpit, kontol kejepit. Endeus banget cuy," sahut netizen lain.

Bagi masyarakat Kepulauan Seribu, kue ini sudah tak asing lagi. Selain kue peler bedebu, masyarakat Kepulauan Seribu juga punya aneka kue dengan nama unik lainnya seperti kue janda mengandang, kue selingkuh, kue janda kecemplung hingga kue uler bulu.

Baca juga : 5 Fakta Unik Ikan Penis yang Eksotis dan Gurih Umami

Simak Video "Begini Jadinya Kalau Petai Diolah Jadi Kue Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)