'Kontol Kambing', Jajanan Isi Kacang Hijau yang Bikin Netizen Mikir Jorok

Devi Setya - detikFood Kamis, 05 Mar 2020 13:29 WIB
kontol kambing Foto: twitter
Jakarta -

Saking uniknya ragam kuliner Indonesia, ada saja makanan yang punya nama nyeleneh. Seperti jajanan di Malang yang disebut 'kontol kambing'.

Jangan langsung berpikir jorok saat mendengar nama jajanan yang satu ini. Masyarakat Malang mengenal kudapan manis isi kacang ini dengan sebutan 'kontol kambing'.

Namanya memang bikin dahi berkerut karena pasti langsung membayangkan bentuk alat kelamin kambing. Tapi kalau sudah mencicip rasanya, pasti jadi ketagihan dan ingin terus melahap si 'kontol kambing' ini.

'Kontol Kambing', Jajanan Isi Kacang Hijau yang Bikin Netizen Mikir JorokFoto: twitter


Baca juga : Gurih Harum 'Memek', Jajanan Khas Simeulue dari Ketan dan Pisang


Lewat unggahan twitter @foodfess2 sebuah foto memperlihatkan makanan mirip gorengan pada umumnya. Bentuk makanan ini memang tak nyentrik tapi netizen justru gagal fokus setelah membaca keterangan pada foto yang diunggah ini.

"Fess jajanan pasar ini namanya kontol kambing di tempatku wkwk isinya kacang hijau, enak. Di kalian namanya apa?," tulis caption foto.

Sontak unggahan soal kontol kambing ini mengundang berbagai respon dari netizen. Banyak yang menerka-nerka bagaimana si penjual dan pembeli saat ingin jajan kontol kambing.

"Yang jualan cara daganginnya gimana ya, masa pas teriak "kontol kontoooll" awkakwoakw Astagfirullah" kata netizen.

"Ini waktu beli nyebut nya gini kali yaa "beliii beli kontol?"" ucap netizen.

"Gua kalo nyebut nama makanan ini pasti ditimpuk mulut gua sama emak," beber netizen lain.

'Kontol Kambing', Jajanan Isi Kacang Hijau yang Bikin Netizen Mikir JorokFoto: twitter


Baca juga : Tolpit hingga Memek, 5 Jajanan Tradisional yang Punya Nama 'Jorok'

'Kontol kambing' memang sudah jadi jajanan populer. Kue yang terbuat dari kacang hijau atau kacang tolo (kacang beras) yang dihaluskan lalu dicampur gula. Selanjutnya dibalut adonan tepung dan digoreng hingga adonan kering. Mirip dengan gandasturi yang isinya kacnag hijau. Rasanya manis dan biasa dijual bersama aneka jajanan pasar lainnya.

Entah siapa yang memberi nama makanan ini dengan sebutan kontol kambing, tapi hingga kini kontol kambing tetap jadi kudapan yang diburu. Selain kontol kambing, sebelumnya juga ada makanan yang namanya sempat bikin geger mulai dari tolpit alias kontol kejepit khas Bantul, kupat jembut khas Jawa Tengah hingga memek khas Aceh.



Simak Video "Kadedemes, Sajian Jadul dari Kulit Singkong"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)