Ketupat Lebaran Komplet

4 Cara Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama

Riska Fitria - detikFood Rabu, 12 Mei 2021 15:00 WIB
4 Cara Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama Foto: iStock
Jakarta -

Menyantap ketupat saat lebaran Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi. Supaya ketupat bisa tahan lama sebaiknya disimpan dengan cara ini.

Merayakan lebaran Idul Fitri kurang lengkap tanpa menyantap ketupat. Menyantap ketupat enaknya pakai lauk opor ayam atau gulai. Setiap keluarga biasanya membuat ketupat dalam jumlah yang banyak.

Namun, hal tersebut berakhir membuat kebingungan cara menyimpannya. Sebab, jika tidak disimpan dengan benar ketupat akan berlendir, basah dan menjadi cepat basi. Alhasil, ketupat bisa terbuang begitu saja.

Berikut 4 cara menyimpan ketupat agar tahan lama:

1. Menggantung Ketupat

4 Cara Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama4 Cara Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama Foto: iStock

Cara menyimpan ketupat agar tahan lama bisa dilakukan dengan menggantung ketupat. Cara ini bisa membantu proses pengeringan sisa-sisa air dari proses memasak ketupat.

Saat proses memasak ketupat, uap-uap yang ada pada panci bisa berubah menjadi air. Nah, jika air tersebut mengendap bisa membuat ketupat basah dan menjadi cepat basi.

Karenanya dikeringkan dengan cara digantung. Jika ditaruh begitu saja dalam wajan, air akan terus mengendap di dalam ketupat.

Cara juga juga membuat ketupat tetap kering karena terkena angin di semua sisinya. Dengan menggantung ketupat dan dibiarkan di suhu ruang, ketupat bisa tahan sampai 2 hingga 3 hari.

Baca Juga : Sejarah Ketupat Lebaran, Ada Sejak Abad 15 dan Diperkenalkan Sunan Kalijaga

2. Simpan di Dalam Kulkas

4 Cara Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama4 Cara Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama Foto: iStock

Menyimpan makanan di dalam kulkas menjadi alternatif banyak orang untuk membuat makanan bisa bertahan lama. Suhu dingin kulkas akan membuat ketupat tak mudah basi.

Umumnya cara ini dilakukan ketika ketupat sudah sekitar 3 hari berada di suhu ruang. Pastikan juga untuk memastikan bahwa kulkas bersuhu normal, sekitar 2-5 derajat Celcius.

Menyimpan ketupat bisa di bagian chiller atau freezer. Sebelum menyimpan ke dalam freezer, sebaiknya bungkus plastik atau taruh dalam wadah kedap udara.

Baca Juga : 5 Tips Beli Ketupat Matang yang Bagus dan Tidak Cepat Basi

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com