Ketupat Lebaran Komplet

5 Ketupat Nikmat dari Medan hingga Palembang Buat Lebaran

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 09 Mei 2021 11:00 WIB
Ketupat Sayur Padang RM Denai Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Hampir setiap daerah di Indonesia punya racikan ketupat yang berbeda. Seperti ketupat dari Medan, Makassar hingga Palembang yang tak kalah spesial.

Jadi menu wajib di Hari Raya Lebaran, ketupat menjadi hidangan spesial yang tak boleh dilewatkan. Meski racikan dan ciri khasnya berbeda di setiap daerah, tapi keanekaragaman ini lah yang membuat yang membuat ketupat digemari di Indonesia.

Tak hanya di Pulau Jawa, yang terkenal dengan Ketupat Betawi dari Jakarta atau Ketupat Glabed dari Tegal. Di luar Pulau Jawa pun, banyak racikan ketupat spesial yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Seperti Katupat Kandangan dari Banjarmasin. Kemudian Katupek Pitalah yang eksis di Tanah Datar, ada juga Ketupat Pulut Santan yang populer di Medan dan masih banyak lagi.

Berikut 5 ketupat khas dari berbagai daerah di Indonesia:

Baca Juga: Resep Opor Ayam Lebaran Bumbu Praktis yang Rasanya Gurih Mantap

1. Katupat Kandangan

ketupat kandanganketupat kandangan Foto: detikfood/detiktravel

Merayakan hari Lebaran di Banjarmasin, Katupat Kandangan jadi menu wajib yang ada di setiap rumah. Sekilas tampilannya mirip seperti ketupat yang disiram dengan kuah opor ayam.

Tapi tentunya terdapat perbedaan mendasar yang membuat Katupat Kandangan ini spesial. Sesuai namanya, hidangan ini berasal dari Kandangan, salah satu daerah di Kalimantan Selatan. Tapi populer juga di Banjarmasin.

Ciri khasnya terletak pada penggunaan rempah pada kuah santan seperti serai, kencur, laos dan lainnya. Lauknya juga tidak pakai daging ayam, melainkan pakai telur itik dan ikan haruan atau ikan gabus. Disajikan lengkap dengan potongan ketupat kenyal.

2. Katupek Pitalah

5 Ketupat Nikmat dari Medan hingga Palembang Buat Lebaran5 Ketupat Nikmat dari Medan hingga Palembang Buat Lebaran Foto: dimanaaja.com



Gudangnya kuliner tradisional yang memanjakan selera, Sumatera Barat menyimpan kuliner autentik di setiap daerahnya. Tak hanya Katupe Padang yang hits di hari Lebaran.

Sumatera Barat juga punya Katupek Pitalah. Menu wajib saat Lebaran bagi orang Minangkabau yang tinggal di Pitalah, Tanah Datar.

Katupet Pitalah ini dari segi ukuran ketupatnya jauh lebih besar dan padat. Disantap dengan kuah gulai yang isinya beragam.

Mulai dari telur, nangka, lobak, kacang panjang, rebung dan tentunya tambahan kerupuk merah. Serta bakwan goreng renyah khas Minang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Melihat Kesibukan di Kampung Ketupat Bogor Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com