Ketupat Lebaran Komplet

5 Tips Beli Ketupat Matang yang Bagus dan Tidak Cepat Basi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 10 Mei 2021 12:30 WIB
5 Tips Beli Ketupat Matang yang Bagus dan Tidak Cepat Basi Foto: Getty Images/iStockphoto/ibnjaafar
Jakarta -

Saat tak sempat bikin ketupat, membeli ketupat matang jadi solusi. Ada tips beli ketupat matang yang bagus, sekaligus cara menyimpan dan menghangatkannya agar tidak cepat basi.

Ketupat jadi primadona sajian lebaran. Rasanya tak lengkap makan di hari raya tanpa ketupat, guyuran sayur gurih, dan aneka lauk pauk seperti opor ayam hingga rendang daging.

Bikin ketupat sendiri sebenarnya mudah, namun memakan waktu hingga 4 jam. Bagi yang tidak sempat bikin ketupat, ada solusi praktis yaitu membeli ketupat matang.

Penjual ketupat matang biasanya sudah mulai menawarkan dagangannya mendekati hari lebaran. Kamu bisa saja membeli ketupat matang ini, namun perhatikan beberapa hal agar mendapat ketupat yang bagus.

Berikut 5 tips beli ketupat matang yang bagus dan tidak cepat basi:

1. Perhatikan janur ketupat

5 Tips Beli Ketupat Matang yang Bagus dan Tidak Cepat Basi5 Tips Beli Ketupat Matang yang Bagus dan Tidak Cepat Basi Foto: Getty Images/iStockphoto/ibnjaafar

Tips beli ketupat matang pertama adalah memperhatikan kulit janur ketupat. Pilih yang memakai janur kuning, bukan daun kelapa hijau. Pilih juga ketupat yang ukurannya sama karena berarti memiliki tekstur yang sama.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Ketupat yang Empuk, Lembut dan Tahan Lama

2. Pencet ketupat

Tak ada salahnya memencet ketupat matang sebelum membelinya. Tujuannya supaya kamu tahu tekstur ketupat. Pilih yang tidak terlampau lembek, kenyal, ataupun keras.

Ketupat matang yang bagus memiliki tekstur padat yang lembut. Sebaliknya, jika ketupat terlampau kenyal atau keras plus tidak ada aroma nasi yang alami, bisa jadi ketupat matang memakai bahan tak lazim seperti boraks atau air abu berlebihan.

3. Pilih penjual langganan

5 Tips Beli Ketupat Matang yang Bagus dan Tidak Cepat Basi5 Tips Beli Ketupat Matang yang Bagus dan Tidak Cepat Basi Foto: Getty Images/iStockphoto/ibnjaafar

Tips beli ketupat matang paling aman adalah membeli dari penjual langganan yang sudah kamu tahu kualitasnya. Bisa juga dengan mengikuti rekomendasi teman atau kerabat.

Dengan begitu, kamu bisa tahu pasti bagaimana penjual membuat ketupatnya. Pesan ketupat H-2 atau H-1 sebelum disajikan agar kamu mendapat ketupat yang baru dimasak.

Baca Juga: Cara Membuat Ketupat Tidak Cepat Basi hingga Bisa Dimasak 30 Menit

4. Simpan ketupat matang di kulkas

Jika ketupat matang sudah di tangan sebelum hari H, segera angin-anginkan dengan cara digantung. Kalau mau lebih aman, kamu bisa menyimpannya di kulkas.

Bungkus ketupat matang dalam kantong plastik, kemudian simpan di kulkas. Ketupat matang ini bisa tahan sekitar dua sampai tiga hari.

5. Cara menghangatkan ketupat matang

5 Tips Beli Ketupat Matang yang Bagus dan Tidak Cepat Basi5 Tips Beli Ketupat Matang yang Bagus dan Tidak Cepat Basi Foto: Getty Images/iStockphoto/ibnjaafar

Tips membeli ketupat matang juga termasuk cara menghangatkannya. Supaya ketupat makin nikmat, kamu bisa mengukusnya lebih dulu.

Kukus minimal 30 menit sebelum disajikan. Cara ini membuat ketupat akan kembali lembut. Setelah diangkat dari kukusan, biarkan sebentar sebelum dipotong-potong dan disajikan bersama lauk lebaran.

Baca Juga: Cara Membuat Ketupat Pulut Pelengkap Gulai Kambing

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com