Kuliner Mudik dan Lebaran

5 Tips Bikin Ketupat yang Empuk, Lembut dan Tahan Lama

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 03 Jun 2019 17:15 WIB
Foto: detikfood
Jakarta -

Ketupat jadi lauk wajib di hari raya. Kalau mau bikin ketupat sendiri, pastikan memerhatikan 5 tips ini agar ketupat empuk, lembut dan tahan lama.

Membuat ketupat sendiri sebenarnya mudah asal tahu triknya. Ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan jenis beras yang tepat sampai cara menyimpan ketupat.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Apa Bedanya Ketupat, Lontong dan Buras?

1. Bahan ketupat

5 Tips Bikin Ketupat yang Empuk, Lembut dan Tahan LamaFoto: Grandyos Zafna


Dua hal penting dalam membuat ketupat adalah pemilihan beras dan kulit ketupat yang bagus. Untuk beras, pilih beras pulen seperti jenis rojolele, pandan wangi, atau mentik spesial. Rendam beras dalam air dingin selama 1 jam. Kalau suka, Anda bisa menambahkan sedikit air kapur sirih agar ketupat sedikit kenyal. Tiriskan hingga kering.

Untuk kulit ketupat, penting memilih yang ukurannya sama agar nanti ketupat matang bersamaan. Pastikan juga anyaman janur pada kulit ketupat cukup rapat untuk menahan beras agar tak keluar.

2. Mengisi dan memasak ketupat

5 Tips Bikin Ketupat yang Empuk, Lembut dan Tahan LamaFoto: iStock


Jangan terlalu banyak menaruh beras sebagai isian ketupat. Isi kulit ketupat dengan beras hingga 2/3 bagian kulit. Selanjutnya susun ketupat di dalam panci tinggi dan besar.

Tuangi air panas hingga seluruh air merendam ketupat, lalu masak selama 2-3 jam hingga ketupat padat. Jika air berkurang tambahkan air panas secukupnya. Selain teknik merebus biasa, Anda bisa bikin ketupat super cepat dengan panci bertekanan (pressure cooker). Cara ini memungkinkan ketupat matang dalam waktu 30 menit saja.

Baca Juga: Dalam 30 Menit Ketupat Empuk Lembut Siap Dinikmati, Ini Caranya

3. Menyiram ketupat dengan air dingin

5 Tips Bikin Ketupat yang Empuk, Lembut dan Tahan LamaFoto: detikfood


Ada trik mudah untuk menjaga ketupat tidak cepat basi dan berair. Usai ketupat matang sempurna, segera angkat dan siram air dingin. Proses ini membersihkan lendir dari janur yang menempel pada ketupat yang telah matang. Sekaligus menghilangkan kotoran pada sisa air rebusan ketupat.

4. Meniriskan ketupat
Kunci penting lainnya saat membuat ketupat adalah meniriskannya sampai benar-benar kering. Karenanya penting untuk menaruh ketupat di atas wadah bercelah seperti tampah yang bisa mengalirkan sisa-sisa rebusan air. Cara ini memungkinkan ketupat lebih awet dan tahan lama.

5. Gantung ketupat

5 Tips Bikin Ketupat yang Empuk, Lembut dan Tahan LamaFoto: detikfood


Metode terbaik dalam menyimpan ketupat adalah dengan menggantungnya. Gantung kumpulan ketupat di tempat yang berangin dan terbuka. Cara ini juga bisa membuat sisa-sisa air dari rebusan ketupat cepat hilang.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com