Sajian Maknyus Idul Adha

Cara Membuat Ketupat Pulut Pelengkap Gulai Kambing

Odilia WS - detikFood Kamis, 30 Jul 2020 17:00 WIB
resep philips : katupe ketan Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Ketupat pulut atau ketan rasanya pulen dan gurih. Enak disantap dengan gulai kambing atau kalio atau asam padeh. Simak resep ini jika ingin membuat sendiri.

Olahan daging kambing seperti gulai, kari atau asam padeh paling cocok disantap dengan ketupat pulut atau katupe pulut atau ketupat ketan. Masyarakat Sumatera Barat biasa membuat ketupat pulut untuk menyantap sajian Idul Adha.

Beras ketan atau pulut harus dipilih yang benar-benar bagus kualitasnya. Bulirnya panjang utuh, warnanya putih susu dan tidak dicampur dengan beras biasa. Sebelum diolah beras ketan bisa direndam dalam air dingin selama 1 jam agar lebih pulen.

Karena direbus dengan santan, jangan lupa aduk-aduk sekali-sekali. Tambahan santan kental membuat ketupat ini makin gurih, pulen dengan butiran kelapa kental (areh) di permukaan ketupat. Meski ukuran lebih kecil ketupat ini pulen gurih.

Meskipun sedikit repot membuat ketupat pulut sendiri lebih memuaskan. Apalagi rasanya gurih pulen lebih enak dari ketupat biasa. Ikuti cara membuat ketupat pulen di resep berikut ini.

Resep Ketupat Pulut

Bahan:
20 buah kulit ketupat ukuran kecil
1 kg beras ketan
3 liter santan sedang
500 ml santan kental
2 lembar daun salam
2 sdt garam

ketupatResep Ketupat Pulut Foto: istimewa

Cara membuat:

• Cuci kulit ketupat hingga bersih dan tiriskan.
• Cuci beras ketan hingga airnya agak bening lalu tiriskan hingga benar-benar kering
• Isi tiap kulit ketupat dengan beras ketan hingga 3/4 penuh lalu ikat per 10 buah.
• Masukkan ketupat dalam panci besar. Lalu tuangi santan, tambahkan daun salam dan garam. Pastikan ketupat terendam santan.
• Masak dengan api sedang hingga mendidih dan ketupat matang atau lunak.
• Di tahap akhir masukkan santan kental, masak kembali hingga santan mengental dan berminyak (ada butiran santan kental di kulit ketupat).
• Angkat dan dinginkan ketupat, sisihkan kuah kentalnya untuk makan ketupat.

Untuk 20 buah

Creative ImageCara Membuat Ketupat Pulut Foto: iStockphoto

Tips:

• Untuk mendapatkan ketupat pulut yang padat dan pulen, pilih kulit ketupat yang memakai janur muda dan anyamannya rapat. Atau bikin kulit ketupat sendiri.
• Jika mau memasak dengan panci bertekanan, masukkan ketupat yang sudah diisi beras ketan. Jangan terlalu banyak, sesuaikan dengan kapasitas panci. Tambahkan santan hingga ketupat terendam. Masak dengan program Rice atau masak nasi. Sesuaikan dengan fasilitas panci masing-masing.
• Jika tidak habis disantap, simpan dalam wadah bertutup di lemari es agar tak cepat basi. Hangatkan kembali dengan cara dikukus jika akan disantap.



Simak Video "Sajian Ketupat Sayur Padang untuk Santap Pagi"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)